visitaaponce.com

6 Cara Paling Ampung Menghilangkan Bau Sepatu Tak Sedap

6 Cara Paling Ampung Menghilangkan Bau Sepatu Tak Sedap
Cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatu(Ist)

SEPATU merupakan salah satu alas kaki yang sangat diperlukan apabila kamu bepergian dan berbeda dengan sandal. Sepatu dapat membuat kaki menjadi lebih nyaman dan melindungi secara menyeluruh, sedangkan sandal hanya melindungi bagian telapak saja.  

Melansir dari Reader's Digest, Sabtu (25/3), Sean Peden, MD dari Yale Medicine mengatakan, sepatu adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi jamur dan bakteri. 

"Ada aliran udara yang terbatas. Kita tidak mencuci sepatu kita. Dan bakteri berkembang biak dengan lingkungan seperti ini. Seiring waktu, sepatu akan menyerap kelembapan dan keringat, dan baunya akan masuk ke dalam bahan sepatu," katanya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di HP Android? Pemilik Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi Merapat!

Jadi, sangat tidak etis apabila kamu memakai sepatu yang memiliki bau tak sedap dan dapat mengganggu kenyaman bagi orang sekitar yang mencium bau tersebut

Berikut 6 cara menghilangkan bau sepatu yang tak sedap. Yuk simak!

Baca juga: Penyebab Terbentuknya Dahak di Tenggorokan dan Cara Menghilangkannya

1. Semprotkan Air Cuka

Cuka diketahui bisa dipakai dalam menghilangkan bau pada sepatu. Cuka bisa menetralkan bau dan melawan bakteri dalam sepatu.

Kamu cukup mencampurkan cuka putih dengan air dalam jumlah yang sama ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan ke dalam sepatu yang berbau, dan biarkan mengering selama beberapa menit.

2. Taburkan bedak bayi

Cara berikutnya untuk menghilangkan bau sepatu cukup dengan taburkan bedak bayi yang dapat membantu dan ampuh menghilangkan bau pada sepatu. 

Dengan menggunakan bedak bayi atau tabur lainnya yang memiliki pewangi ekstra, maka bau pada sepatu lenyap seketika. Caranya cukup dengan taburkan ke dalam sepatu secukupnya dan biarkan beberapa jam. Dianjurkan ketika sudah ditaburkan beda jangan langsung dipakai, pastikan terlebih dahulu bahwa bedak telah menyerap sempurna ke dalam kain sepatu.

3. Gosok dengan alkohol

Menghilangkan bau tak sedap berikutnya dilakukan dengan cara gosok pada sepatu yang memiliki bau tak sedap hanya dengan alkohol tanpa harus dicuci.

Caranya cukup mudah hanya dengan menggunakan campuran air dan alkohol yang disemprotkan pada sepatu. Semprotkan larutan di bagian dalam dan luar setiap sepatu. Tempatkan sepatu yang dibersihkan pada suatu tempat yang banyak angin, lalu biarkan sepatu kering.

4. Eksfoliasi kaki

Kaki menghasilkan keringat berlebih pada saat kamu menggunakan sepatu karena sedikitnya ruang udara dan mengakibatkan bau tak sedap pada sepatu.

Kamu perlu untuk menghilangkan sel kulit mati pada kaki dalam mengatasi bau sepatu yang dipakai. Cukup mengeksfoliasi kaki dengan scrub alami seperti charchoal atau sabun mandi khusus. Lakukan secara rutin setiap mandi agar kulit mati pada kaki sepenuhnya terangkat dan bau tak sedap pada sepatu menghilang.

5. Bersihkan dengan sabun batang

Salah satu cara alternatif menghilangkan bau tak sedap pada sepatu cukup hanya menggunakan sabun batang. kamu tidak usah membasahi sepatu, hanya perlu memasukkan sabun batang ke dalam sepatu. Maka, sabun batang akan menyerap bau tak sedap yang dimiliki sepatu dan meninggalkan wangi yang nyaman jika dihirup.

6. Gunakan soda kue

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu hanya dengan menggunakan soda kue. Kamu hanya perlu melakukan Taburkan sedikit soda kue ke bagian dalam sepatu dan diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Kemudian, kibaskan sisa soda kue. (Z-10)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat