visitaaponce.com

Rektor Unas Mahasiswa Baru Perlu Terus Mengasah Kemandirian

Rektor Unas: Mahasiswa Baru Perlu Terus Mengasah Kemandirian
Foto bersama para pimpinan Universitas Nasional dalam acara Pengenalan Lingkungan dan kebudayaan Akademik, di Auditorium Unas, Kamis (21/9).(Ist)

UNIVERSITAS Nasional (Unas) melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) bagi mahasiswa baru program sarjana.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Auditorium Unas, Jakarta, hari ini, diikuti oleh 1.859 mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2023/2024.

"Kegiatan PLBA dilaksanakan selama tiga hari. Pada hari pertama dan kedua yaitu PLBA di tingkat universitas dan hari ketiga di tingkat fakultas," kata Ketua Panitia yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unas Prof Dr Suryono Efendi SE MBA MM dalam siaran persnya, Kamis (21/9).

Baca juga: Ribuan Mahasiswa Ikuti Orientasi Pendidikan Universitas Budi Luhur

Ia menjelaskan PLBA hari pertama diikuti 982 mahasiswa baru dari lima fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Sains, serta Fakultas Biologi dan Pertanian.

Pada hari kedua, diikuti 877 mahasiswa baru dari tiga fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika serta Fakultas Ilmu Kesehatan.

Pada kesempatan itu, ia mengajak mahasiswa baru untuk terus membentuk karakter dan perilaku serta kepribadian yang baik, tangguh, serta penuh dengan inovasi dan kreativitas.

“Ini perlu untuk membawa kesuksesan di masa akan datang baik selama anda berada di Unas maupun setelah Anda lulus,” ujarnya.

Baca juga: Wacana Transformasi Pendidikan Tinggi, Tanpa Skripsi Mahasiswa Tetap Punya Kompetensi Saat Lulus

Ada empat materi pada kegiatan PLBA. Pertama, Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kedua, Ke-Unas-an dan Kemahasiswaan. Ketiga, Membangun Wawasan Kebangsaan dan Menangkal Radikalisme, dan keempat mengenai Bahaya Narkotika dan Peran Mahasiswa Dalam Pencegahan.

Dalam sambutannya, Rektor Unas Dr El Amry Bermawi Putera MA mengatakan kegiatan PLBA bertujuan menumbuhkan motivasi, kebanggaan pada almamater dan semangat belajar, serta meningkatkan kedisiplinan, kesadaran diri dan tanggung jawab sebagai mahasiswa Unas.

Ia melanjutkan memasuki dunia perguruan tinggi, mahasiswa baru perlu banyak melakukan berbagai penyesuaian. Penyesuaian dimulai dari kemandirian misalnya membuat perencanaan studi dan terus mengasah potensi, bakat, dan talenta dengan fokus pada pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi.

Baca juga: Mahasiswa Jangan Cuma Belajar di Kampus

Rektor Unas juga menyampaikan pada semester ganjil tahun akademik 2023/2024, Unas memberikan beasiswa kepada 83 mahasiswa baru dan 826 beasiswa kepada mahasiswa aktif.

Dengan pemberian beasiswa ini diharapkan dapat menjadi motivasi sekaligus peluang bagi mahasiswa lainnya untuk lebih giat belajar dan fokus pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Karena itu, kami berpesan kepada semua mahasiswa baru untuk lebih giat dan fokus belajar agar mendapatkan nilai akademik yang memuaskan sehingga dapat membanggakan kedua orang tua, serta menjadi harapan masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat