visitaaponce.com

Metro TV dan Solutee.Id Gelar Prominent Awards untuk BUMN, Emiten dan CSR Berprestasi

Metro TV dan Solutee.Id Gelar Prominent Awards untuk BUMN, Emiten dan CSR  Berprestasi
(DOK.METROTV)

PUNCAK acara Prominent Awards digelar di Grand Studio Metro TV, Jumat (22/9) dalam kemasan acara yang unik, eklusif, elegan berformat tv show. Hanya ada 18 penerima award di acara ini, karena peserta diseleksi atas prestasi yang signifikan melalui proses data, riset dan penjurian yang ketat. 

Acara ini merupakan kerjasama Metro TV dan Solutee.Id. Acara dibuka oleh Direktur Utama Metro TV Don Bosco Salamun dan di hadiri para direksi dan eksekutif dari BUMN, Emiten, Foundation dan Korporasi yang berprestasi.

Kagiatan award ini juga unik, karena sebagai satu-satunya penghargaan yang merangkum 3 bidang, yaitu Prestasi BUMN, Emiten dan Program CSR, demikian disampaikan Arief Hidayat Thamrin, selaku CEO Solutee.Id dalam sambutan pembuka sebelum acara dimulai.

Baca juga: Kolaborasi Adaro dan Metro TV Bagikan 31 Ribu Paket Bantuan untuk Negeri

Pertama, tema Prestasi CSR (Corporate Social Responsibility), diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi agar semakin banyak korporasi dan para filantropi melakukan social capital investment. Sehingga korporasi dan pengusaha dapat memberi dampak positif untuk kesejahteraan masyarakat. 

Penghargaan bidang CSR ini diterima oleh Tahir Foundation terbaik dalam hal Philanthropy dan kesehatan. Tanoto Foundation sebagai yang terbaik dalam kategori Human Capital Development. Pertamina Foundation juga layak jadi inspirasi, karena terbaik dalam kategori Community Empowerment. 

Selanjutnya, PT Freeport Indonesia, menerima award dalam kategori Holistic Community Development. PT PLN (Persero) juga diberi apresiasi terbaik di kategori Community Involvement and Development dengan kegiatan CSR yang menjangkau 327.942 penerima manfaat dan membuka 18.000 lapangan kerja. 

Baca juga: Korean Cultural Center Indonesia Jalin kerja sama dengan Media Group Network

Bidang kedua adalah klaster Emiten. Kali ini fokus di 2 bidang  saja, yaitu perbankan dan konsumer sebagai bidang strategis penggerak ekonomi. Beberapa emiten yang ikut acara ini mempunyai total Market Cap sekitar Rp1.237 Triliun, dan mencatat Kinerja Laba serta prestasi signifikan lain yang layak di apresiasi dengan Prominent Awards. 

Bank BCA meraih award Bank buku 4 terbaik  dalam Stock Market Valuation. Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi Bank Syariah terbaik di Indonesia dan Bank Syariah peringkat ke 14 terbaik di dunia. Sedangkan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjadi Bank buku 3 terbaik dalam penyaluran kredit property. 

Selain itu, ada PT Mayora Indah Tbk, meraih pengharaan sebagai perusahaan consumer goods terbaik di Indonesia. Mayora merupakan pengiklan terbesar di Indonesia, produknya sudah di ekspor ke 90 negara dan mencatat kenaikan laba 64,4% di tahun buku 2022. 

Baca juga: MGN Character Building Tempa Karyawan Metro TV Berjiwa Pemimpin Inovatif

Prominent Awards klaster Ke Tiga adalah untuk BUMN. Ada beberapa prestasi siginifikan yang dicatat, antara lain dalam hal kontribusi finansial untuk negara. Bentuknya berupa setoran dividen, pajak, PNBP dan belanja barang TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). 

Prestasi signifikan berupa setoran dana dividen ke kas negara sejumlah Rp22,256 Triliun, disetorkan 6 BUMN yang ikut acara ini. Jumlah ini setara dengan 28% dari total Rp80 Triliun setoran dividen BUMN ke kas negara. 

Deretan 6 BUMN yang berkontribusi ke kas negara dan menerima Prominent Awards, yaitu: PT Pertamina (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT PLN (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan PT Bio Farma (Persero).   

Selain prestasi setoran ke kas negara, ada juga program transformasi yang sukses dilakukan beberapa BUMN. Hasil dari transformasi ini berdampak pada kinerja keuangan yang meningkat. Bahkan ada beberapa BUMN mencatatkan Kinerja Keuangan terbaik sepanjang sejarah berdirinya, antara lain PT PLN (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT PAL Indonesia dan PT Pertamina (Persero). 

Keberhasilan dalam transformasi banyak berdampak pada efisiensi dan kinerja manajemen yang meningkat. Terkait suksesnya Transformasi ini ada beberapa BUMN yang mendapat Prominent Awards, yaitu: PT PLN (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Permodalan Nasional Madani, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pos Indonesia (Persero). 

Prestasi lain yang sesuai tema tahun ini, yaitu Bangga Indonesia, dipersembahkan oleh beberapa BUMN yang mempunyai prestasi di tingkat dunia sebagai global player. Antara lain, PT Bio Farma (Persero) merupakan market leader 70% pasar vaksin polio di dunia. PT PAL Indonesia, sebagai produsen kapal niaga, kapal perang dan alutista berkelas dunia yang produknya di ekspor ke berbagai negara. PT Pertamina (Persero) juga meraih prestasi yang membanggakan, sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk peringkat ke 223 dalam Fortune Global 500. Hal ini seiring dengan kinerja laba dan kontribusi ke kas negara dari Pertamina yang terus meningkat. 

Prominent Awards ini diharapkan menjadi ajang bergengsi yang dapat menjadi berita positif, memberi inspirasi, motivasi dan apresiasi atas prestasi yang signifikan. Kinerja dari para  eksekutif pengelola korporasi yang layak disebut sebagai pejuang ekonomi, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat dan kemajuan bangsa. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat