visitaaponce.com

SDG Academy Indonesia Luluskan 41 SDG Leaders Angkatan ke-4

SDG Academy Indonesia Luluskan 41 SDG Leaders Angkatan ke-4
Para peserta SDG Academy Indonesia Angkatan ke-4(Istimewa)

SDG Academy Indonesia meluluskan 41 wisudawan dan wisudawati pada Program Kepemimpinan SDG Angkatan 4. Prosesi kelulusan digelar pada 12 September silam.

Direktur SDG Academy Indonesia Muhammad Husain mengatakan Angkatan 4 berhasil menciptakan sembilan Capstone Project yang mengusung gagasan luar biasa untuk membantu percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

"Kami berharap proyek itu bisa diterapkan secara maksimal ke depan. Kami juga ingin program ini dapat terus dilaksanakan dikembangkan," ujar Husain melalui ketrangan tertulis, Senin (25/9).

Baca juga: SDG Academy Indonesia Berdayakan Pemimpin Lokal Capai Tujuan SDGs

Beberapa proyek yang dibuat di antaranya adalah peningkatan kompetensi guru di Sumatra Barat, pengurangan angka putus sekolah di Jawa Barat, dan program pelatihan manajemen pertanian di Yogyakarta.

Program Kepemimpinan SDG Angkatan 4 berlangsung selama lima bulan, sejak April hingga Agustus 2023. Program tersebut bertujuan untuk memberdayakan para pemimpin lokal di berbagai sektor untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Selama program berjalan, para peserta memperoleh ilmu terkait pengenalan dasar dan isu-isu SDGs, seperti kepemimpinan, pembiayaan, monitoring dan evaluasi SDGs. Program kemudian diakhiri pelaksanaan seminar hasil yang diisi dengan presentasi Karya akhir bertemakan SDG pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Baca juga: Bantu Akses Pendidikan Tinggi, SFD Arie Wibowo Beri Beasiswa ke Warga Daerah Terpencil

Siprianus Bate Soro selaku perwakilan dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNDP) Indonesia menyampaikan apresiasi kepada para peserta atas kegigihan mereka untuk menjalani program dan menciptakan proyek akhir. 

“Semoga proyek akhir dapat diimplementasikan dengan baik. Pada dasarnya, SDG memberikan framework yang saling menunjang dan bersinergi, dan ketika kita berfokus pada satu tujuan, hal ini dapat menunjang tercapainya tujuan-tujuan SDG lainnya” tutur Siprianus.

SDG Academy Indonesia merupakan kerja sama antara UNDP, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Tanoto Foundation. Program tersebut menyasar seluruh pemangku kepentingan SDG, antara lain pemerintah, pegawai swasta, lembaga filantropi, organisasi masyarakat sipil, organisasi media, dan akademisi. 

Adapun, pembukaan pendaftaran SDG Leadership Program Angkatan kelima akan dibuka pada akhir September 2023  dengan mengusung topik Circular Economy. Informasi seputar pendaftaran dapat diakses melalui Website SDG Academy Indonesia. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat