visitaaponce.com

Kemenag Beri Pelatihan Menulis kepada Guru Madrasah

Kemenag Beri Pelatihan Menulis kepada Guru Madrasah
Ilustrasi(Antara)

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama memberi kesempatan kepada para guru madrasah untuk mendapatkan pelatihan menulis melalui program Guru Madrasah Menulis. Pelatihan akan digelar secara luring selama tiga hari pada akhir Oktober mendatang.

Untuk ikut dalam seleksi program tersebut, guru harus mengirim tulisan paling lambat 30 September 2023. Tulisan yang terpilih akan mendapat kesempatan untuk diterbitkan pada jurnal-jurnal Fakultas Tarbiyah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang open source dan terindeks SINTA.

“Kami targetkan ada 100 artikel yang terpublikasikan di 2023 ini,” ungkap Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M Ali Ramdhani, Rabu (27/9).

Baca juga: Menag : Program Kemandirian Pesantren Pertahankan Ideologi dan Independensi Pesantren

Menurutnya, program itu menjadi bagian upaya pihaknya dalam mengembangkan profesi guru madrasah secara berkelanjutan. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Agama No. 38 Tahun 2018 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru (disingkat PKB Guru).

"Program ini diharapkan dapat membantu para guru dalam mengakselerasi peningkatan karirnya. Saat ini, jumlah guru madrasah dengan kepangkatan golongan IV terbilang sedikit, apalagi guru dengan kepangkatan IV-c dan IV-d," kata Ali.

Baca juga: Peta Jalan Pengelolaan Wakaf Disusun, Kemenag: Ada Empat Tahapan

“Program ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan peningkatan literasi guru yang menjadi salah satu konsen program pemerintah,” sambungnya.

Kasubdit Bina GTK MA/MAK Anis Masykhur menambahkan, program tersebut menjadi harapan banyak pihak untuk mengakselerasi aspek pengetahuan para pendidik. Ujungnya, guru menjadi pembelajar yang memiliki sensitivitas dalam meneliti. Menurutnya, guru yang meneliti dan menulis dipastikan banyak mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan.

Pendaftaran seleksi program Guru Madrasah Menulis sudah dibuka sejak 18 September 2023. Pendaftaran ditandai dengan proses pengiriman naskah dengan mengakses laman Kemenag.

“Proses pengiriman naskah ini akan ditutup pada 30 September 2023. Penilaian naskah akan dilakukan dari 1 sampai 4 Oktober 2023. Penulis Terpilih diumumkan pada 9 atau 10 Oktober 2023. Pelatihan menulis akan dilaksanakan dari 18 sampai 20 Oktober 2023,” tandas Anis. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat