visitaaponce.com

Didukung 16 UMKM Kreatif, Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia 2023 Sukses

Didukung 16 UMKM Kreatif, Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia 2023 Sukses
Acara Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023) yang telah dilaksanakan di Senayan Park, Jakarta, baru-baru ini.(Ist)

Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang telah dilaksanakan di Senayan Park, Jakarta, merupakan kegiatan akhir dari rangkaian salah satu Program Unggulan Kemenparekraf “Apresiasi Kreasi Indonesia 2023” yang akan dilaksanakan pada 16 Kota/Kabupaten.

Mengusung tema “Collaboration Season”, Pekan Puncak AKI 2023 menjadi bukti nyata bagaimana sebuah kolaborasi bisa membantu meningkatkan nilai sebuah produk dan karya dan membentuk kekuatan baru untuk menghadapi tantangan yang datang.

Tiga hari pelaksanaan Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia 2023 menghadirkan: 16 booth dengan UMKM Kreatif terbaik dari peserta AKI 2023 se-Indonesia, kolaborasi bazaar kuliner dari Alumni AKI 2021 dan 2022, juga program Kemenparekraf lainnya.

Baca juga: Asian Creative & Digital Economy Youth Summit 2023 Siap Dorong Ekraf

Selain itu lebih dari 15 komunitas bidang kreatif turut meramaikan acara, serta penampilan musik artis nasional: Ayu Ting Ting, Lydra X Titi DJ, AndienX Diskora, Smash X Cherrubelle, Viertallle, Padi, dan Cliub Dangdut Racun.

Program Kemenparekraf ini diharapkan bisa menjadi wadah promosi yang maksimal untuk produk dan karya terpilih, sehingga pendampatan akan meningkat dan UMKM Kreatif naik kelas.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berkolaborasi. Terima kasih kepada: Astragraphia, Bank DKI, Bioskop Online Indonesia,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrfa) Sandiaga Uno dalam keterangan pers, Jumat (29/9)

Baca juga: Kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 Digelar di Mojokerto, Jatim

Turut hadir mendapingi Menparekraf  di antaranya Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), Hariyanto (Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur), Desy Ruhati (Deputi Bidang Kebijakan Strategis), Yuke Sri Rahayu (Direktur Kuliner Kriya Desain dan Fesyen).

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik dan diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Program ini diharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi, dengan tema yang diangkat “Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat."

Baca juga: Finalis Pelaku Ekraf dari Kota/Kabupaten akan Ikuti Pameran Nasional AKI 2023

Tujuan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di antaranya memberikan kontribusi eonomi melalui ekonomi kreatif pasca pandemi, mencari & menciptakan “ikon” produk ekraf baru yang bisa melekat di masyarakat, bahkan bisa mendunia, dan mendorong daya beli masyarakat dan mendukung kampanye pemerintah #BanggaBuatanIndonesia.

Adapun manfaat yang bisa dirasakan peserta adalah membangun jejaring dan database, produk atau karya terpublikasikan, dan memperluas pangsa pasar.

Dua Agenda AKI 2023 : Bootcamp dan Pameran 

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 terdiri dari dua agenda utama: bootcamp (peningkatan kapasitas) dan pameran (menampilkan dan transaksi jual beli produk kreatif).

Jarak pelaksanaan Bootcamp dan Pameran sekitar satu bulan. Pelaksanaan program ini berada di 16 Kota/Kabupaten Indonesia, yang terdiri dari: Jakarta – Karawang – Sukabumi – Situbondo – Mojokerto – Kudus – Purwokerto – Kupang – Bengkulu – Bangka – Batam – Samarinda – Palangkaraya – Manado – Gorontalo – Jayapura.

Finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 merupakan hasil dari kurasi dengan total pendaftar 7.041, dengan total finalis dari 16 Kabupaten/Kota adalah 428 yang terdiri dari subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat