visitaaponce.com

P2G Sebut Murid Sekarang Sulit Dididik Secara Etika

P2G Sebut Murid Sekarang Sulit Dididik Secara Etika
Ilustrasi guru sedang mengajar di kelas(MI/Rudi Kurniawansyah)

KEPALA Bidang Advokasi Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Iman Zanatul Haeri mengatakan, banyak keluhan dari para guru tentang sulitnya mendidik budi pekerti pada anak.

Sebagai seorang guru, Iman juga menghadapi sendiri betapa sulitnya masuk ke dunia anak generasi Z atau Alpha. Perkembangan zaman, pergaulan yang tidak terkontrol membuat anak memahami dunia dengan sudut pandangnya sendiri melalui apa yang didapat dari internet.

Masifnya informasi dan pengetahuan yang diterima anak tanpa pengawasan dan bimbingan, kata Iman, justru akan jadi malapetaka untuk generasi ke depan.

“Kalau di lapangan itu murid sekarang memang susah sekali untuk dididik secara etika dan sebagainya. Hari ini mereka bisa mengakses internet dengan mudah tanpa pengawasan orang tua, bisa melihat adegan kekerasan di Tiktok, Youtube dan sebagainya, ini yang tidak bisa dikontrol oleh kita,” kata Iman.

Iman menilai, guru saat ini harus bisa menjadi garda terdepan dalam memutus kultur kekerasan. Guru dapat mempelajari karakter setiap anak dan mencari pendekatan yang tepat.

“Kalau sekarang di Merdeka Belajar, sebelum mengajar kita sebagai guru dimintai asesmen dulu setiap siswa kita. Motivasi belajarnya seperti apa, pengetahuannya tentang suatu pelajaran seperti apa. Ini yang harus coba dipahami guru. Guru harus terus belajar untuk bisa masuk dan mengambil hati para siswa. Sehingga guru bisa jadi contoh dan tauladan juga,” kata dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat