visitaaponce.com

Kemenag Ajak Semua Pihak Jaga Kerukunan Beragama

Kemenag Ajak Semua Pihak Jaga Kerukunan Beragama
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Ciamis berbicang seusai meninjau persiapan perayaan Natal di Gereja Katolik Santo Yohanes.(ANTARA/ADENG BUSTOMI)

KEMENTARIAN Agama (Kemenag) mengajak pemerintah, lembaga, hingga masyarakat meningkatkan moderasi beragama sehingga mencipatakan kerukunan dan menghargai perbedaan. Terutama saat tahun politik.

Dirjen Bimas Kristen Kemenag Jeane Marie Tulung menjelaskan menghadapi tahun politik yang dimulai dari tahun ini, harus dibekali moderasi beragama agar tetap menciptakan kedamaian di tengah situasi politik.

"Moderasi beragama itu sangat penting. Kami sendiri setelah banyak kegiatan masih ada beberapa kegiatan untuk penguatan moderasi beragama bagi penyuluh dan ASN Kemenag yang belum sempat mengikuti penguatan moderasi beragama ini," kata Jeane dalam pagelaran moderasi beragama Ditjen Bimas Kristen di Kemenag, Jakarta, Senin (16/10).

Baca juga: Moderasi Beragama Rekatkan Keragaman

Moderasi beragama telah mendapatkan gayung bersambut. Ditjen Bimas Kristen mengadakan berbagai lomba pagelaran seperti lomba foto dan video bertemakan moderasi beragama yang diikuti anak muda. Penguatan moderasi beragama jadi inisiatif untuk promosi peran agama, toleransi, dan kesetaraan yang bermartabat sehingga pemahaman lebih dalam sebagai sarana dan toleransi agama.

"Ini penting sekali bagi kita dalam menghadapi tahun politik. Dengan adanya penguatan moderasi beragama, baik ASN maupun masyarakat semua akan terus dibekali dan diberikan pemahaman bagaimana merawat bangsa ini melalui kehidupan yang rukun damai dan saling menghargai antar satu dengan yang lain," jelas dia.

Baca juga: Pengamat: Bersih-Bersih Dapen, Langkah Bernyali di Tahun Politik

Penguatan moderasi beragama menjadi salah satu dari program prioritas. Meski sudah masuk dalam RPJMN yang ada, namun itu tetap menjadi tanggung jawab di semua kementerian atau lembaga. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat