visitaaponce.com

Kemenpora Gandeng Ucup Pestapora di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Kemenpora Gandeng Ucup Pestapora di Peringatan Hari Sumpah Pemuda
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo di Festival Pemuda Indonesia 2023.(DOK KEMENPORA/EGAN)

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober besok. Kali ini, Kemenpora menggandeng Rizky 'Ucup' Aulia yang merupakan sosok di balik meriahnya Pestapora 2023 pada bulan lalu.

"Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini saya mengajak seluruh stakeholder untuk bergotong-royong membuat kegiatan sekaligus gerakan kepemudaan dari di pusat hingga di daerah secara partisipatif, inklusif dan kolaboratif selama bulan Oktober, dan seterusnya. Nilai-nilai gotong royong dan tolong menolong harus tetap dilestarikan dan dijadikan sebagai pondasi character building," ungkap Menpora Dito Ariotedjo dalam keterangannya, Selasa (17/10).

"Saya pun mengajak sekaligus menunjuk Rizky Aulia yang dikenal dengan sebutan Ucup Pestapora sebagai wakil ketua panitia pelaksana HSP ke-95 untuk kita berkolaborasi, lebih menyukseskan, menggetarkan serta menggerakkan animo anak muda," sambung Dito.

Baca juga: Mengenal Tokoh Sumpah Pemuda yang Terlibat dalam Penyusunan Teks

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun ini akan berpusat di Monumen Nasional (Monas). Panggung-panggungnya bernuansa IKN dengan mengambil tema Bersama Bangun Indonesia, yakni, kolaborasi antarkementerian/lembaga, pemerintah pusat dan daerah, serta stakeholder lainnya sebagai pengejawantahan Peraturan Presiden (Perpres) 43/2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

Dipilihnya Monas dalam peringatan HSP ke-95 menjadi simbol semangat untuk meraih kejayaan Emas menuju 2045 Indonesia Maju sehingga dapat dipahami makna dari Perpres tersebut adalah kolaborasi.

Sebelumnya, Kemenpora telah menggelar rangkaian bulan pemuda menuju HSP ke-95 bertajuk Festival Pemuda Indonesia 2023 di halaman kantor Kemenpora yang menjadi ajang silaturahmi serta menguatkan kolaborasi dan sinergi dibidang kepemudaan yang melibatkan berbagai organisasi kepemudaan (OKP) maupun komunitas kepemudaan yang dihadiri ribuan orang dengan hastag nongkrong di Kemenpora. 

Baca juga: Obrog-Obrog dan Tarling Pantura Lair di Pestapora 2023

Acara puncak Festival Pemuda Indonesia yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu lalu (14-15/10) itu, diisi dengan kegiatan seminar, stand-up comedy, penampilan grup vokal, serta penampilan konser grup band Ungu, serta hadirnya para UMKM yang bersiap tidak lagi menjadi usaha mikro, kecil dan menengah, namun lebih dikenal masyarakat dan menjadi besar melalui ajang tersebut yang sangat relevan dengan anak muda. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat