visitaaponce.com

Unpad Siap Menjadi Tuan Rumah Pimnas ke-36

UNIVERSITAS Padjadjaran (Unpad) bersiap menjadi tuan rumah dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36.

Ajang kompetisi kreativitas mahasiswa yang diselenggarakan tiap tahun ini akan digelar pada 26-30 November 2023 mendatang dan akan diikuti berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Unpad yang juga Ketua Harian Pimnas ke-36 Unpad Dr Eng Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam ST MT mengatakan bahwa penetapan Unpad sebagai tuan rumah merupakan mandat yang diberikan Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Baca juga: MI dan Unpad Kerja Sama Kuatkan Hubungan Media Massa dan Perguruan Tinggi

Ia menerangkan penunjukan Unpad sebagai tuan rumah merujuk pada hasil sarasehan pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan yang digelar saat Pimnas ke-35 tahun 2022 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.

Usai ditetapkan, pihaknya bergerak cepat. Pembentukan panitia hingga pematangan teknis dan pendetailan acara terus dilakukan. Tujuannya agar ajang akbar untuk mahasiswa Indonesia ini dapat berjalan dengan baik.

“Ini merupakan hajatan besar dan ini pertama kali Unpad menjadi tuan rumah, jadi kita akan coba kawal terus dan mudah-mudahan bisa sukses,” ungkap Boy, dalam siaran persnya, kemarin.

Pelaksanaan Pimnas tahun ini pun bakal melibatkan mitra dari dunia usaha dan industri (DUDI) serta instansi pemerintahan untuk menangkap ide dan inovasi dari para mahasiswa di dalam program kreativitas mahasiswa (PKM).

Baca juga: Aspikom Jabodetabek Bedah Buku Komunikasi Karya Prof. Deddy Mulyana

Boy menilai bahwa ada banyak karya mahasiswa yang menarik dan dapat dikembangkan. Dengan demikian, ajang ini dapat menciptakan atmosfer penelitian yang baik untuk mahasiswa. Hasil-hasil penelitian tersebut diharapkan tidak selesai sampai menjadi finalis Pimnas saja, tetapi juga dapat dilirik oleh beragam mitra.

“Di Unpad sendiri, fondasi penelitian mahasiswa, khususnya PKM, sudah cukup baik dan kuat untuk selanjutnya dapat dievaluasi,” kata Boy.

Lomba Maskot

Sebagai awal dari keseriusan Unpad dalam menjadi tuan rumah, pada awal 2023 lalu digelar Lomba Desain Logo dan Maskot Pimnas ke-36. Lomba ini diikuti oleh 49 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad. Selama sebulan, hasil karya peserta dilakukan penilaian oleh juri.

Pengumuman pemenang desain logo dan maskot Pimnas ke-36 diumumkan pada 6 April 2023 lalu. Lomba desain Maskot Pimnas dimenangkan oleh Fadlan Ahya Imani dari Fakultas Pertanian. 

Maskot tersebut berbentuk harimau dengan warna jingga dan putih yang mengenakan pakaian pangsi atau pakaian adat Sunda berwarna hitam serta mengenakan ikat Sunda berwarna hitam di kepalanya. 

Lebih lanjut, maskot ini diberi nama Dirandra. Nama itu diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti “berani”. Pemilihan kata tersebut bukan sekadar penamaan biasa. 

Baca juga: Dosen Unpad Kembangkan Alat Inseminasi Buatan Praktis dan Sederhana

Fadlan menjelaskan, maskot ini juga merepresentasikan bahwa Unpad yang mendunia, tetapi tetap menjunjung tinggi pada budaya lokal. Maskot ini juga melambangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa yang senada dengan arah kompetisi yang dilakukan.

Sementara itu, lomba desain Logo Pimnas dimenangkan oleh Ridwan Luhur Pambudi, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi. 

Ridwan mengatakan filosofi logo Pimnas ke-36 yaitu warna jingga sesuai dengan cerminan logo Universitas Padjadjaran, gambar kujang dan mega mendung yang mencirikan kebudayaan, aksen teknologi pada angka tiga mencerminkan unsur inovasi, serta api yang menyala merupakan tanda semangat. 

Lebih lanjut Boy menjelaskan, pihaknya telah menyusun tema Pimnas ke-36, yaitu Kompetitif, Produktif, Berkarakter. Tema ini merefleksikan aktivitas Pimnas sesungguhnya, yaitu sebagai ajang kompetisi mahasiswa Indonesia untuk mampu menghasilkan produk riset yang inovatif dan mampu mengimplementasikan semangat mahasiswa sebagai agen perubahan.

Unpad optimistis bahwa Pimnas ke-36 ini mampu menemukan talenta yang kompetitif, produktif, serta berkarakter yang selaras dengan tema besarnya, yaitu Mempersiapkan mahasiswa Indonesia yang berorientasi ke masa depan menjadi lulusan unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dan berkarakter. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat