visitaaponce.com

OKU Timur Buat Inovasi Pupuk Organik dari Sampah Rumah Tangga

OKU Timur Buat Inovasi Pupuk Organik dari Sampah Rumah Tangga
Bupati OKU Timur Lanosin mengecek pupuk Bionos yang dihasilkan dari sampah rumah tangga.(Istimewa)

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Lanosin, mengapresiasi inovasi pembuatan pupuk organik Bionos yang berasal dari limbah sampah rumah tangga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Minang Baru, Kecamatan Martapura.

Pupuk Bionos tersebut diproduksi setelah adanya proses pemisahan antara sampah organik dan nonorganik. Sampah yang sudah dipisah kemudian diurai dan ditambahkan berbagai jenis bakteri. Selain bisa mengurangi sampah orhanik dalam jumlah besar, program tersebut juga memiliki nilai ekonomi.

"TPA Martapura ini menjadi percontohan pembuatan pupuk cair organik yang diberi nama Bionos. Bio adalah sejenis bakteri pupuk cair yang bermanfaat untuk tanaman. Sementara, nos dari kata Enos yang artinya Ekonomi Naik OKU Timur Sejahtera” ujar Lanosin melalui keterangan tertulis, Jumat (27/10).

Baca juga: SDG Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik di Bogor

Ia mengatakan langkah serupa nantinya juga akan dilakukan di 11 titik di OKU Timur. Lanosin juga mengimbau masyarakat untuk membuat bank sampah guna mendapatkan bahan baku untuk pembuatan pupuk cair.

"Teknologinya nanti akan dibagikan kepada masyarakat dengan gratis,” imbuhnya.

Baca juga: Pituku Group dan Gemilang Bangun 250 Tempat Penampungan Sampah Anorganik

Staf Khusus Bupati Sugeng Supriyanto menambahkan bahwa teknologi berupa alat komposter bekerja dengan cara mengubah sampah organik tersebut menjadi pupuk kompos dengan bantuan bakteri pengurai.

“Alat Komposter ini menerapkan teknik pengomposan aerobik dan dapat menghasilkan dua jenis pupuk yaitu pupuk cair dan pupuk kompos dalam waktu tiga sampai empat minggu. Sedangkan, untuk biopori sendiri bermanfaat sebagai resapan air yang bisa meningkatkan kuantitas air dalam tanah,” tandasnya. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat