visitaaponce.com

20 Kepala Daerah Terima Penghargaan karena Lestarikan Bahasa Daerah

20 Kepala Daerah Terima Penghargaan karena Lestarikan Bahasa Daerah
Mendikbudristek Nadiem Makarim memberikan penghargaan kepada para kepala daerah yang melestarikan bahasa daerah.(Kemendikbudristek)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam gelaran Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) memberikan penghargaan kepada 20 kepala daerah yang ikut berkontribusi dalam upaya melestarikan bahasa daerah lewat program revitalisasi bahasa daerah.

Daerah-daerah tersebut di antaranya Provinsi Bengkulu, NTB, Kabupaten Banyuwangi, Banggai, Lampung Barat, Ogan Komering Ulu Timur, Barito Utara, Timor Tengah Selatan, Kutai Kartanegara, Bulungan, Bener Meriah, Halmahera Selatan, Tapanuli Tengah, Kepulauan Aru, Bandung, Badung, Takalar, Kota Banjarmasin, Jayapura, dan Surakarta.

Sebagai salah satu penerima penghargaan, Bupati OKU Timur, Lanosin, mengaku sangat bangga. Ia senang bahasa Komering mampu mengharumkan Bumi Sebiduk Sehaluan di kancah nasional.

Baca juga : Dalam 4 Tahun, 70 Bahasa Daerah Berhasil Direvitalisasi

“Saya sangat bangga bahasa Komering bisa terpilih mendapatan penghargaan. Saya harap warga OKU Timur khususnya Komering, juga bangga bangga dan bersyukur dengan bahasa mereka,” ujar Lanosin melalui keterangan resmi, Sabtu (4/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan revitalisasi bahasa daerah, bahasa Komering dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Itu berguna sebagai identitas bahasa daerah asli OKU Timur.

“Penuturan bahasa ibu merupakan wujud kebanggaan kita terhadap bahasa daerah. Untuk itu kedepan harus terus dìlestarikan dengan baik,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur, Wakimin, mengungkapkan penghargaan itu bisa diraih berkat komitmen Pemkab OKU Timur yang terus konsisten melakukan revitalisasi bahasa komering.

Mulai dari pelaksaan revitasisasi, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kabupaten dan provinsi, hingga pengimbasan kepada guru-guru. Selain itu, Pemkab OKU Timur melalui Disdikbud OKU Timur telah memasukan bahasa daerah Komering menjadi pelajaran Muatan Lokal (Mulok) di sekolah-sekolah. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat