visitaaponce.com

Bandara Modern Wujudkan Pengalaman Mengesankan bagi Ekosistem Penerbangan

Bandara Modern Wujudkan Pengalaman Mengesankan bagi Ekosistem Penerbangan
Bedah buku Airport % Beyond di Telkom University(Dok. Pribadi)

SEIRING dengan perkembangan teknologi yang pesat, bandara menjadi salah satu bagian terpenting dalam ekosistem penerbangan.

Hal itu ditegaskan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam bedah buku Airport & Beyond di Telkom University, Bandung, Jawa Barat.

“Bandara modern tidak hanya sekadar tempat untuk keberangkatan dan kedatangan pesawat, tetapi juga pusat kegiatan yang menyediakan pengalaman yang mengesankan, aman, dan efisien bagi para penumpang, maskapai, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya.” kata Awaluddin yang hadri secara virtual.

Baca juga : 15 Bandara AP1 Layani 5,5 Juta Penumpang pada Januari

Buku Airport & Beyond ditulis oleh Awaluddin bersama Plt Direktur Utama PT Angkasa Pura Sarana Digital) Ferdian Agustiana,

Ferdian mengatakan, aspek kolaborasi menjadi kunci keberhasilan masa depan bisinis bandar udara yang berkelanjutan di Indonesia.

“Faktor utama keberlanjutan bisnis bandara adalah kolaborasi yang baik antara manajemen bandar udara dan seluruh mitra atau stakeholder bandar udara guna mencapai tujuan bersama dalam hal pengembangan serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas bandar udara sebagai layanan publik.” ucap Ferdian.

Baca juga : BBN Airlines Indonesia Tambah 4 Armada Boeing 737

Ferdian mengajak akademisi dan cendekiawan untuk berkolaborasi bersama memberikan pemikiran serta masukan dalam menghadapi tantangan yang muncul di era penerbangan modern.

“Kami berharap buku ini akan membuka wawasan pembaca, memicu diskusi, dan menginspirasi inovasi di industri penerbangan.” Tambahnya.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University Indrawati menilai buku Airport & Beyond dalam penggunaan bahasanya mudah dicerna. Penulis juga dinilai sangat jeli dalam memandang perkembangan industri penerbangan.

Baca juga : Bandara Lombok Tambah Rute Penerbangan Internasional ke Kuala Lumpur

“Buku ini bisa dikatakan adalah buku pertama yang membahas mengenai industri penerbangan di Indonesia yang mampu secara holistik dan komprehensif menjelaskan perkembangan, tantangan, dan bagaimana mengimplementasikan bandara yang modern. Saya berharap ada versi lain dari buku ini, yaitu buku ajar yang bisa menjadi referensi bagi dunia pendidikan” Ucapnya.

Buku Airport & Beyond berbicara tentang inovasi teknologi yang mendorong transformasi industri penerbangan, seperti kecerdasan buatan (AI), internet of things (IoT), big data, dan sebagainya.

Selain itu, buku itu juga membahas tren dan tantangan terkini yang mempengaruhi pengalaman penumpang, keselamatan, keberlanjutan, dan operasional bandara secara keseluruhan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat