visitaaponce.com

Labschool Membuka Jalur Undangan bagi Siswa Berprestasi

Labschool Membuka Jalur Undangan bagi Siswa Berprestasi
Siswa sedang melakukan kegiatan belajar mengajar di Labschool.(Ist)

ANIMO masyarakat yang tinggi untuk bisa menjadi siswa di sekolah-sekolah Labschool mendekati masa-masa penerimaan siswa baru atau PSB semakin meningkat. Banyak masyarakat yang bertanya baik melalui telepon maupun datang langsung ke sekolah untuk menerima informasi secara jelas pelaksanaan PSB. 

"Walaupun dalam website atau laman resmi Labschool sudah ditayangkan, kepuasan datang langsung atau bertanya langsung kepada sekolah  merupakan kenyamanan sendiri bagi sebagian orangtua," ungkap Kordinator Humas PSB Labschool 2024, Uswadin Usman, dalam keterangan yang diterima, Rabu (1/11).

Menurutnya, animo dan minat yang tinggi tersebut perlu direspons dan ditanggapi dengan bijak oleh Labschool, sehingga kepuasaan dan kenyamanan pelanggan dalam hal ini orangtua calon murid dapat terjaga. 

Di satu sisi, orangtua juga cukup gelisah karena beberapa sekolah lain sudah memulai pendaftaran dan penerimaan siswa baru, sedangkan Labschool sampai akhir Oktober 2023 masih belum membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun pelajaran 2023/2024. 

"Jadwal penerimaan siswa reguler baru akan dimulai pada 12 Desember 2023 untuk SMA dan 19 Desember untuk SMP, sedangkan pelaksanaan tes seleksi pada 4 Februari 2024 untuk SMA dan 11 Februari 2024 untuk SMP," terang Uswadin. 

Satu upaya untuk melayani animo masyarakat yang tinggi dalam mendaftar PSB sehingga dapat segera diterima, lanjut dia, Labschool membuka jalur undangan dalam PSB atau yang dikenal dengan Program Penjaringan Siswa Baru Berprestasi (PPSBP). Program ini dibuka untuk siswa yang akan masuk menjadi siswa SMP dan SMA Labschool. 

Adapun penerimaan jalur PPSBB ini terdapat dua jalur, yaitu jalur nilai rapor dan jalur portofolio prestasi. PPSBB ini dibuka pendaftarannya mulai Kamis (2/11) hingga Jumat (24/11). 


Baca juga: Ibu Bahagia akan Beri Pengasuhan yang Baik untuk Anak


Uswadin menambahkan, persyaratan umum yang dapat diterima melalui jalur undangan, antara lain calon siswa adalah siswa pada SD/MI/sederajat atau SMP/MTs/sederajat yang menjadi undangan dan tercantum pada aplikasi pendaftaran PPSBB Labschool.

Kedua, terdaftar sebagai siswa kelas 6 SD/MI/sederajat untuk pendaftar PPSBB SMP, atau sebagai siswa kelas 9 SMP/MTs/Sederajat untuk pendaftar PPSBB SMA. Selain itu, calon siswa sungguh-sungguh berminat untuk menjadi siswa SMP/SMA Labschool dan berasal dari sekolah berakreditasi A.

"Di samping persyaratan umum di atas ada persyaratan khusus antara lain, pendaftar PPSBB Jalur Nilai rapor, harus memiliki nilai rapor kelas 4 dan 5, rata-rata setiap semester minimal 95 pada aspek pengetahuan (selama 4 semester) untuk pendaftar SMP. Sedangkan untuk pendaftar SMA harus memiliki nilai rapor rata-rata setiap semester minimal 90 pada aspek pengetahuan saja," katanya.

Pendaftar PPSBB jalur portofolio prestasi memiliki syarat khusus antara lain untuk SMP, minimal memiliki nilai rata-rata rapor kelas 4 dan 5 minimal 90 setiap semester dan untuk SMA, minimal memiliki nilai rata-rata rapor kelas 7 dan 8 minimal 85 setiap semester.

Selain itu, memiliki prestasi dan atau potensi keberbakatan di berbagai bidang (akademik, seni olah raga, organisasi/ kepemimpinan, keagamaan atau lainnya seperti OSN, FLS2N, O2SN atau kompetisi lainnya yang sederajat pada tingkat provinsi, nasional dan internasional), yang dibuktikan dengan fotokopi atau hasil scan sertifikat, piagam atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh penyelenggara/panitia.

Pendaftaran mulai 2-26 November 2023 dengan cara membuat akun terlebih dulu. Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran dan seleksi PPSBB sebesar Rp400 ribu. "Nah, inilah kesempatan bagi para calon siswa Labschool yang ingin segera mendaftar dan mengikuti seleksi penerimaan siswa baru melalui jalur PPSBB atau jalur undangan," pungkasnya. (RO/I-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat