visitaaponce.com

Presiden Jokowi IKN Bakal Menjadi Muara Pertemuaan Berbagai Budaya

Presiden Jokowi: IKN Bakal Menjadi Muara Pertemuaan Berbagai Budaya
Masyarakat yang tinggal di IKN Nusantara akan berasal dari berbagai suku dan budaya tidak hanya dari Kalimantan Timur.(Youtube Sekretariat Presiden)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masyarakat yang akan tinggal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berasal dari berbagai macam suku dan budaya. Baik dari sekitar dan luar daerah Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"IKN, Kalimantan Timur khususnya akan menjadi muara bertemunya berbagai budaya," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya acara Festival Harmoni Budaya Nusantara, ditayangkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (3/11).

Presiden berharap interaksi yang terjalin antar sesama masyarakat IKN berjalan dengan harmonis. Serta mampu menjaga dan mengembangkan budaya asli Kalimantan Timur.

Baca juga: Presiden Jokowi akan Hadiri COP 28 di Dubai

Oleh karena itu, Kepala Negara menilai perlu dibangun kesadaran toleransi. Untuk menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai keberagaman setiap suku dan budaya di IKN.

"Menjadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai kekuatan untuk membangun harmoni kebersamaan dan persatuaan," jelasnya.

Baca juga: Uni Emirat Arab Tunjukan Ketertarikan Pada IKN

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan jangan sampai budaya asli Indonesi tergerus budaya asing. Oleh karenanya, ia ingin pembangunan sumber daya manusia (SDM) di IKN dapat diutamakan ketimbang pembangunan infrastruktur. (Z-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat