visitaaponce.com

Anak Anda Suka Corat-Coret Tembok, Ini Tips Memfasilitasi Mereka

Anak Anda Suka Corat-Coret Tembok, Ini Tips Memfasilitasi Mereka
Ilustrasi(Freepik)

SEBAGIAN orangtua mungkin kesal melihat anak mereka mencorat-coret tembok, meskipun banyak juga yang mengerti dan mendiamkannya. Lalu, bagaimana orangtua seharusnya menyikapi perilaku anak yang seperti itu?

Animator Indonesia, yang juga pendiri HelloMotion Academy, Wahyu Aditya berbagi tips bagi orangtua dalam memfasilitasi anak yang gemar corat-coret sebagai bentuk ekspresi.

"Memberi ruang mereka berekspresi dengan tidak memarahi ketika coret-coret tembok, atau diarahkan ke media gambar yang murah seperti kertas dan alat gambar yang ada, misalnya krayon dan spidol," kata Wahyu Aditya, yang akrab dipanggil Wadit, dikutip Senin (6/11).

Baca juga: 1.000 Anak Akan Ikuti Lomba Mewarnai di Kopi In Town Pasar Pagi Mangga Dua

Sebagai penggerak di bidang animasi dan kreativitas Indonesia, Wadit percaya setiap imajinasi merupakan sebuah ide yang perlu dikembangkan dengan kreativitas agar nantinya dapat menjadi suatu kenyataan.

Pada masa usia anak 2-3 tahun, anak sering berekspresi dengan gambar atau mencoret-coret. Hal itu, kata Wahyu, merupakan perwujudan dari asal usul nenek moyang yang dulu berkomunikasi lewat gambar.

Sehingga, menggambar bisa menjadi salah satu bentuk mengekspresikan diri. Tugas orangtualah untuk membangun kembali seni yang ada pada diri anak.

Baca juga: Kanker Anak Terus Meningkat, YKAI Akan Bangun Rumah Paliatif Anak

Wahyu juga menyarankan untuk membebaskan anak bereksplorasi dengan gambarnya dan tidak harus selalu diarahkan untuk mengikuti les dan menjadi seniman.

Selain itu, dunia teknologi yang berkembang saat ini, juga menjadi sarana bagi orangtua bisa memperkenalkan seni melalui media digital.

"Karena itu saling melengkapi dan punya output yang berbeda, jadi sebaiknya dikenalkan keduanya, manual, tradisional maupun digital," ucap Wahyu. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat