visitaaponce.com

NASA Temukan Asteroid Yang Miliki Pasangan

NASA Temukan Asteroid Yang Miliki Pasangan
Asteroid(Nasa)

PESAWAT luar angkasa Lucy, milik NASA yang pertama kali diluncurkan pada 2021 lalu, menemukan potret benda luar angkasa unik. Lucy menemukan sebuah asteroid yang memiliki asteroid berukuran lebih kecil yang mengorbit di sekitarnya.

Dikutip dari Scientific American, asteroid bernama Dinkinesh atau yang memiliki julukan Dinky itu layaknya Bumi dan Bulan. Lucy mengonfirmasi bahwa Dinkinesh lebarnya tak sampai 790 meter, sedangkan asteroid yang mengorbit di sekitar Dinkinesh berukuran sekitar 220 meter.

“Biner (julukan untuk Asteroid kecil yang mengelilingi Dinky). tentu saja merupakan suatu kemungkinan. Tapi itu tidak diharapkan, dan itu sangat keren," kata Jessica Sunshine, ilmuwan planet di Universitas Maryland, Dikutip dari Scientific American Senin (6/11).

Baca juga : Astronot Apollo, Thomas K. Mattingly, Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun

Hingga saat ini NASA dan peneliti afiliasinya masih menunggu lebih banyak data tentang asteroid Dinky dan bulan semunya, termasuk gambar berwarna dan spektroskopi yang dapat memberikan lebih banyak petunjuk tentang kedua asteroid tersebut.

Baca juga : Komet Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Mengarah ke Bumi

Namun berdasarkan informasi, penemuan asteroid yanh memiliki pasangan bukanlah hal yang langka. Karena para peneliti telah menemukan sekitar 15 persen asteroid dekat Bumi memiliki pasangan orbital yang lucu.

Sebagaimana diketahui, NASA mengirim Lucy mengitari Dinkinesh sebagai latihan untuk terbang ke asteroid-asteroid yang lebih besar dan lebih misterius dekat Planet Jupiter.

Diluncurkan pada 2021, wahana itu akan mencapai asteroid Trojan pada 2027 dan akan melakukan eksplorasi selama enam tahun. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat