visitaaponce.com

Astronot Apollo, Thomas K. Mattingly, Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun

Astronot Apollo, Thomas K. Mattingly, Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Astronot legendaris Thomas K "TK" Mattingly meninggal dunia pada usia 87 tahun.(AFP)

PADA 31 Oktober, seorang astronot NASA yang pernah dikeluarkan dari misi Apollo 13 yang tragis, namun berhasil membantu membawa kru kembali ke Bumi dengan aman berkat usahanya dalam memecahkan masalah dari pusat kendali darat, telah meninggal dunia pada usia 87 tahun.

NASA mengonfirmasi Thomas K "TK" Mattingly, astronot legendaris, telah berpulang. Perannya yang paling dramatis adalah ketika dia ditugaskan sebagai pilot modul komando untuk misi Apollo 13. Sayangnya, ia dikeluarkan hanya 72 jam sebelum peluncuran karena terpapar rubella, demikian diungkapkan Administrator NASA, Bill Nelson.

Ketika wahana antariksa Apollo 13 mengalami ledakan yang menghancurkan saat dalam perjalanan ke Bulan, Mattingly, yang kenyataannya tidak terkena penyakit rubella, pergi ke Pusat Kontrol Misi dan merancang prosedur-prosedur yang kritis untuk menghemat daya sehingga wahana tersebut dapat kembali ke atmosfer Bumi dengan selamat. Tindakan heroiknya memastikan keselamatan astronot James Lovell, Jack Swigert, dan Fred Haise.

Baca juga: Komet Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Mengarah ke Bumi

Kisah epik dari misi Apollo 13 ini kemudian diangkat menjadi film terkenal "Apollo 13" pada tahun 1995, di mana Mattingly diperankan aktor Gary Sinise.

TK Mattingly memulai kariernya sebagai pilot Angkatan Laut Amerika Serikat sebelum kemudian terpilih sebagai salah satu anggota astronot pada kelas tahun 1966. Ia juga pernah menjabat sebagai pilot modul komando dalam misi Apollo 16 dan menjadi komandan wahana antariksa dalam dua misi Pesawat Ulang Alik.

Baca juga: NASA Siapkan Misi untuk Menyelidiki Asteroid yang Kaya Logam

Administrator NASA, Bill Nelson, menyatakan, "Kontribusi TK telah membawa kemajuan dalam pemahaman kita tentang eksplorasi luar angkasa yang jauh melampaui batasnya."

Kepergian TK Mattingly adalah kehilangan besar dalam sejarah eksplorasi luar angkasa, dan jasanya akan selalu dikenang dalam perjalanan penjelajahan ruang angkasa manusia. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat