visitaaponce.com

Pebasket Legendaris yang Jadi Logo NBA, Jerry West, Tutup Usia

Pebasket Legendaris yang Jadi Logo NBA, Jerry West, Tutup Usia
Jerry West(X @Lakers)

JERRY West, pebasket legendaris yang siluetnya menjadi inspirasi untuk logo NBA, meninggal dunia di usia 86 tahun. Hal itu dikonfirmasi oleh Los Angeles Clippers, Rabu (12/6) waktu setempat.

Wset tampil di sembilan final NBA bersama Los Angeles Lakers dan memenangkan satu gelar juara pada 1972.

Dia juga tampil di laga NBA All-Star di setiap musim selama 14 tahun berkarier di liga bola basket Amerika Serikat (AS) tersebut.

Baca juga : Legenda Lakers Elgin Baylor Tutup Usia

"Jerry West, yang merupakan perwujudan kesempurnaan di bola basket dan teman bagi mereka yang mengenalnya, meninggal dunia pada pagi ini di usia 86 tahun. Dia didampingi oleh istrinya, Karen," ungkap Clippers.

West merupakan pemain ketiga dalam sejarah NBA yang mencapai 25 ribu poin setelah Wilt Chambberlain dan Oscar Robertson. Dia pensiun dengan torehan 25.192 poin.

West merupakan bagian dari timnas AS yang memenangkan medali emas Olimpiade Roma 1960.

Baca juga : Pendukung Lakers Kenang Kobe Bryant

Dia dijuluki Mr Clutch karena kemampuannya memenangkan pertandingan saat laga berlangsung ketat memasuki babak akhir.

West mengakhiri karier bermainnya pada 1974 dan kemudian menjadi pelatih, dua tahun kemudian, menukangi Lakers selama tiga musim.

West kemudian menjadi eksekutif NBA dan disebut sebagai otak dibalik terbentuknya Lakers era showtime pada 1980-an, yang memenangkan lima gelar dalam tempo satu dekade.

Baca juga : Putri Kobe Bryant juga Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Masa kerjanya bersama Lakers berakhir pada 2000 dan dia kemudian menjadi eksekutif di Memphis Grizzlies, Golden State Warriors, dan Los Angeles Clippers.

"Jerry West adalah pebasket jenius dan figur penting di NBA selama lebih dari 60 tahun," ujar Komisioner NBA Adam Silver.

"Sebagai seorang pemain dan seorang eksekutif, dia membawa pengaruh besar di bola basket," ungkap pernyataan resmi dari Basketball Hall of Fame. (bbc/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat