visitaaponce.com

Legenda Lakers Elgin Baylor Tutup Usia

Legenda Lakers Elgin Baylor Tutup Usia
Pemain legendaris Los Angeles Lakers Elgin Baylor.(AFP/KEVIN WINTER)

PEMAIN legendaris Los Angeles Lakers Elgin Baylor, yang dipandang sebagai salah satu pemain terhebat yang tidak pernah menjadi juara dunia setelah tampil di delapan laga final NBA namun selalu kalah, meninggal dunia di usia 86 tahun, Senin (23/3).

Pemain yang telah tampil di 11 laga All-Star itu merupakan pemain andalan Lakers antara 1958 dan 1971. Dia meninggal dunia didampingi oleh istri, Elaine, dan putrinya, Krystal.

"Elgin adalah teman baik dan pujaan hati saya," ujar Elaine dalam pernyataan resmi yang dilansir Lakers.

Baca juga: Irving Bawa Net Pada Kemenanngan Atas Wizards 113-106

"Seperti semua orang, saya sangat kagum dengan keberanian, kegigihan, dan waktu yang diberikannya untuk para penggemar," imbuhnya.

Baylor dipilih Lakers pada 2958 saat klub NBA itu masih bermarkas di Minneapolis.

Dia langsung membawa pengaruh positif dengan mencetak 24,9 poin, 15 rebound, dan 4,1 assist di musim perdananya dan memenangkan gelar Rookie of the Year.

Itu merupakan awal dari karier gemilang bersama Lakers yang berakhir di musimnya yang ke-14 pada 1971 karena cedera lutut.

Small forward itu mengakhiri kariernya dengan raihan 23.149 poin, dengan rata-rata 27,4 poin per pertandingan, ditambah 11.463 rebound, dan 3.650 assist.

Meski sukses menjadikan Lakers menjadi salah satu klub dominan di era 1960-an, Baylor gagal meraih gelar NBA. Dia sukses mencapai final NBA sebanyak delapan kali bersama Lakers namun selalu kalah, termasuk tiga kali dari Boston Celtics.

Penampilan Baylor di final NBA termasuk penampilan luar biasa di final NBA 1962 melawan Celtics kala dia mencetak 61 poin. Raihan itu, hingga kini, tetap bertahan sebagai poin tertinggi yang dicetak seorang pemain di laga final NBA. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat