visitaaponce.com

NASA Siapkan Misi untuk Menyelidiki Asteroid yang Kaya Logam

NASA Siapkan Misi untuk Menyelidiki Asteroid yang Kaya Logam
Plasma xenon memancarkan cahaya biru yang akan mendorong pesawat ruang angkasa Psyche milik NASA( NASA/JPL-Caltech / AFP)

NASA Siapkan Misi untuk Menyelidiki Asteroid yang Kaya Logam

 

Sebuah wahana antariksa NASA akan diluncurkan pada Jumat (13/10) waktu setempay menuju Psyche, sebuah objek yang berjarak 2,2 miliar mil (3,5 miliar kilometer) jauhnya yang dapat memberikan petunjuk tentang interior planet seperti Bumi.

“Kami telah mengunjungi dunia yang terbuat dari batu, dunia yang terbuat dari es, dan dunia yang terbuat dari gas, baik secara langsung maupun secara robotik. Namun ini akan menjadi pertama kalinya kami mengunjungi dunia yang permukaannya terbuat dari logam,” kata pemimpin ilmuwan Lindy Elkins-Tanton, kepada wartawan.

NASA dan SpaceX menargetkan peluncuran pukul 10:19 Waktu Bagian Timur (1419 GMT) dari Kennedy Space Center, dengan menggunakan roket SpaceX Falcon Heavy. Jika kondisi cuaca tidak mendukung, mereka meluncurkannya pada Sabtu.

Wahana antariksa seukuran van ini akan tiba di tujuannya di Sabuk Asteroid, antara Mars dan Jupiter, pada Juli 2029.

Selama dua tahun ke depan, mereka akan mengerahkan serangkaian instrumen canggih untuk mencari bukti adanya medan magnet kuno, menyelidiki komposisi kimianya , dan mempelajari mineral dan topografi Psyche.

Para ilmuwan berpendapat Psyche, yang namanya diambil dari nama dewi jiwa dalam mitologi Yunani, bisa jadi merupakan bagian dari inti "planetesimal" yang kaya akan zat besi, sebuah bahan penyusun semua planet berbatu.

Bisa juga benda lain -- sisa objek purba tata surya yang kaya akan zat besi dan belum didokumentasikan.

“Ini adalah salah satu cara kami untuk melihatnya intinya,” kata Elkins

Psyche diperkirakan memiliki bentuk tidak beraturan seperti kentang, berukuran lebar 173 mil (280 kilometer) pada titik terlebarnya -- meski belum pernah terlihat dari dekat.

Baru-baru ini para ilmuwan mengira sebagian besar bumi terdiri dari logam -- namun analisis berdasarkan pantulan radar dan cahaya kini menunjukkan bahwa logam mungkin berkisar antara 30-60%, dan sisanya adalah batuan.

Penggerak listrik tenaga surya

Misi ini akan menggunakan beberapa inovasi teknologi. Pesawat ruang angkasa Psyche, yang diberi nama berdasarkan nama asteroid tersebut, akan menguji komunikasi generasi berikutnya berdasarkan laser, bukan gelombang radio -- sebuah langkah yang disamakan NASA dengan peningkatan saluran telepon lama di Bumi menjadi serat optik.

“Deep Space Optical Communications, demikian sistem ini disebut, dirancang untuk menunjukkan 10 hingga 100 kali lipat kapasitas pengembalian data sistem radio canggih yang digunakan di luar angkasa saat ini," kata Abi Biswas dari Jet Propulsion Laboratory NASA dalam sebuah pernyataan.

Psyche juga menggunakan sistem propulsi khusus yang disebut "pendorong efek Hall" yang memanfaatkan energi dari panel surya untuk menciptakan medan listrik dan magnet yang pada gilirannya mengeluarkan atom gas xenon. (lihat foto)

Gaya dorong yang dihasilkannya kira-kira sama dengan berat baterai AA di tangan Anda. Namun di ruang hampa, pesawat luar angkasa akan terus berakselerasi hingga puluhan ribu mil per jam.

Sistem seperti itu menghindari kebutuhan untuk membawa ribuan pon bahan bakar kimia ke luar angkasa, dan Psyche akan menjadi yang pertama kali digunakan di luar orbit bulan.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat