visitaaponce.com

Kasus Cacar Monyet Bertambah Jadi 34 Kasus, Dialami Kelompok Homoseksual

Kasus Cacar Monyet Bertambah Jadi 34 Kasus, Dialami Kelompok Homoseksual
Menkes Budi Gunadi Sadikin.(Antara)

KASUS cacar monyet atau mpox meningkat menjadi 34 kasus dan tersebar di 3 provinsi yakni 5 kasus di Banten, 27 konfirmasi di DKI Jakarta, dan 2 kasus di Jawa Barat. Penularan kali ini terjadi karena penularan lokal.

"Penyakit ini sensitif karena terjadi di segmen khusus yaitu LSL atau homoseksual yang sering berganti pasangan sehingga akibatnya jika dilihat tracing reportnya agak serem juga," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (7/11).

Menurutnya gaya hidup hubungan sejenis membawa penyakit mpox dan HIV karena sering berganti pasangan seksual. Oleh karena itu penanganan dilakukan bekerja sama dengan kelompok-kelompok tersebut.

Baca juga : Fakta Cacar Monyet di Jakarta, Semua Pasien Laki-Laki dan Tertular Lewat Kontak Seksual

"Ini sebenarnya kita bekerja sama dengan kelompok sosial masyarakat di bidang ini karena takutnya memberikan stigma sehingga takutnya tidak efektif penanganannya. Tapi penyebarannya meningkat dan ini sudah terjadi penularan lokal," ujar dia.

Saat ini kemenkes tengah mengadakan vaksin sebanyak 4.500 dosis yang diberikan kepada kelompok khusus. Kemudian obat tecovirimat juga dipersiapkan sebanyak 1.008 botol.

"Sampai saat ini sembuh dan tidak ada yang wafat ya," pungkasnya. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat