visitaaponce.com

Nadiem Sebut Banyak SD Sudah Hapus Syarat Calistung untuk Peserta Didik Baru

Nadiem Sebut Banyak SD Sudah Hapus Syarat Calistung untuk Peserta Didik Baru
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi X DPR.(Antara)

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyebut sudah banyak Sekolah Dasar (SD) yang menghapus kebijakan baca tulis dan hitung (calistung) sebagai syarat penerimaan peserta didik baru.

"Banyak sekali SD sudah menghapus tes calistung sebagai persyaratan penerimaan peserta didik baru. Dan mereka menerapkan masa pengenalan lingkungan sekolah selama minimal dua minggu," kata Nadiem dalam Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023 di Jakarta, Rabu (8/11).

Baca juga: Siswa Harus Kelola Emosi Demi Jaga Kesehatan Mental

Capaian tersebut merupakan buah dari kerja sama Kemendikbud Ristek dengan berbagai pihak. Oleh karena itu diharapkan dilanjutkan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan agar semua satuan pendidikan di seluruh Indonesia mengedepankan pengembangan kemampuan fondasi sebagai bekal anak-anak.

Kemendikbud Ristek menargetkan proses pembelajaran yang berkesinambungan antara pautan SD sehingga satu nafas agar kemampuan pondasi para peserta didik dapat berkembang secara holistik.

Baca juga: Kemendikbudristek Rilis Dua Fitur Baru dalam Platform Merdeka Mengajar

"Tidak hanya kemampuan calistung yang menjadi fokus, tetapi kemampuan literasi, critical thinking, numerasi, karakter dan budi pekerti, sama pentingnya dengan literasi dan numerasi, kematangan emosional, sosial, dan lain-lain," ujar dia.

Ini adalah periode emas di mana ini harus menjadi sama pentingnya dari belajar calistung saja.

Menurutnya kunci dari keberhasilan sistem pendidikan adalah jika anak-anak sejak dini sekali sudah menjadi berpotensi menjadi pembelajar sepanjang hayat. Kita ingin mereka jatuh cinta dengan belajar ibu-ibu.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat