visitaaponce.com

FIA UI Edukasi Kesadaran Hidrasi ke Pelajar SD di Jaksel

FIA UI Edukasi Kesadaran Hidrasi ke Pelajar SD di Jaksel
Mahasiswa FIA UI memberi edukasi soal hidrasi kepada siswa SD Negeri Srengseng Sawah 11(MI/Dok FIA UI)

MAHASISWA Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI) memberikan edukasi terkait hidrasi yang tepat bagi siswa SD Negeri Srengseng Sawah 11 melalui kegiatan AquaKids pada 6-7 November dan 17 November 2023.

Kegiatan ini adalah aksi sosial yang pendanaannya berasal Danone Indonesia melalui kompetisi Voice of Youth 2023 bekerja sama dengan Universitas Indonesia.

Ketua Tim Pelaksana, Parta, mengungkapkan, edukasi hidrasi kepada pelajar sangat penting. Sebab, pelajar rentan terpapar konsumsi jajanan yang memiliki kandungan gizi yang tidak tepat seperti tinggi gula dan natrium.

Baca juga: Hidrasi dan Cukupi Mineral saat Maraton dalam Cuaca Panas

"Menjaga cairan di dalam tubuh dengan baik atau terhidrasi adalah hal yang penting, terlebih bagi anak-anak yang cenderung memilih mengonsumsi minuman manis dibanding air putih,” ungkap Parta dalam keterangan resmi, Selasa (21/11).

Tim AquaKids juga memberikan booklet hidrasi kepada para guru untuk mempermudah menyampaikan pesan mengenai hidrasi. 

Guna meningkatkan kesadaran minum air di kalangan siswa, Tim AquaKids turut mengajak siswa mengisi papan leaderboard minum air. Papan ini ditujukan untuk memantau kebiasan minum air para siswa.

Baca juga: Hidrasi Bisa Bantu Redakan ISPA

Para siswa kelas 3-6 yang menjadi sasaran kegiatan AquaKids juga turut diajak berkompetisi guna peningkatan kesadaran hidrasi. Kompetisi dilakukan dalam dua bentuk kategori, yakni lomba mewarnai yang diperuntukan untuk kelas 3 dan lomba membuat poster bagi kelas 4-6.

Melalui rangkain kegiatan Aquakids, mahasiswa UI menekankan pemenuhan cairan yang cukup bagi tubuh dengan minum air putih adalah hal penting dalam menjaga kesehatan.

"Para siswa yang notabene berada di masa pertumbuhan memerlukan asupan cairan yang lebih besar dibandingkan orang dewasa. Dengan demikian melalui kegiatan Aquakids ini diharapkan mampu tingkatkan kesadaran siswa akan pentingnya hidrasi yang tepat bagi tubuh," jelas Parta.

Tim yang juga terdiri atas Rohmat Setiawan, Fithri Hamidah, Salma Saadah, Silfiya Rahma, dan Tasyah Syahriah ini disambut dengan baik oleh pihak SDN Srengseng Sawah 11.

Rahma Melati, salah satu guru di SDN Srengseng Sawah 11, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap pengetahuan pelajar terkait pentingnya mengonsumsi air putih dapat meningkat dan mencegah penyakit sejak dini.

"Kegiatan peningkatan kesadaran hidrasi ini sangat tepat sasaran bagi anak-anak, tidak hanya berbasis edukasi namun juga mendorong pembiasan disiplin minum air yang cukup," tutur Rahma.

Selain edukasi melalui sosialisasi kepada para siswa, kegiatan AquaKids juga mendorong para guru untuk turut berperan aktif dalam mengingatkan para siswa akan pentingnya hidrasi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat