visitaaponce.com

FIA Klarifikasi Soal Podium Alonso di GP Saudi

FIA Klarifikasi Soal Podium Alonso di GP Saudi
Pembalap Aston Martin Fernando Alonso.(AFP/GIUSEPPE CACACE)

FEDERATION Internationale de l'Automobile (FIA) mengklarifikasi masalah pada GP Arab Saudi akhir pekan lalu ketika pembalap Aston Martin, Fernando Alonso, diberi hukuman pada akhir balapan yang kemudian dianulir.

Pembalap Spanyol itu melewati garis finis di posisi ketiga tetapi kemudian diberikan hukuman 10 detik yang menjatuhkannya ke posisi keempat sebelum akhirnya mengajukan banding usai balapan.

Juru bicara FIA mengatakan isu tersebut akan dibahas pada pertemuan komite FIA pada 23 Maret dan dijanjikan adanya klarifikasi lebih lanjut dikeluarkan menjelang GP Australia yang akan berlangsung pada 2 April di Melbourne.

Baca juga: Aston Martin Banding, Alonso Kembali Finis Podium

"Keputusan itu adalah hasil dari bukti baru mengenai definisi 'mengerjakan mobil', yang ada preseden yang saling bertentangan dan ini telah diungkapkan oleh keadaan khusus ini," kata juru bicara FIA.

Alonso sempat dihukum karena tidak memulai dari titik yang tepat di grid ketika start dan diganjar penalti lima detik.

Baca juga: Alonso Optimistis Bisa Tampil Maksimal di Jeddah

Ketika melakoni penalti di pit stop, diketahui mekaniknya membiarkan dongkrak menyentuh mobilnya lalu kemudian Alonso dijatuhi hukuman tambahan.

Aston Martin mengajukan banding dan menunjukkan video bahwa pembalap lain pernah melakukan hal yang sama di masa lalu tanpa sanksi. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat