visitaaponce.com

Aston Martin Banding, Alonso Kembali Finis Podium

Aston Martin Banding, Alonso Kembali Finis Podium
Pembalap Aston Martin Fernando Alonso(AFP/Giuseppe CACACE)

FERNANDO Alonso meraih finis podium ke-100 dalam kariernya setelah kembali dinyatakan finis ketiga di GP Arab Saudi, Senin (20/3) dini hari WIB.

Pembalap Spanyol itu finis ketiga dalam balapan pada Minggu (19/3) malam namun kemudian didemosi ke peringkat empat karena diganjar penalti 10 detik karena pelanggaran saat menjalani penalti lima detik di pitstop.

Steward menilai seorang mekanik menyentuk mobil Alonso menggunakan dongkrak saat pembalap itu menjalani penalti lima detik sehingga penalti itu dijalankan dengan tiga benar.

Baca juga: Perez Pimpin Red Bull Finis Satu-Dua di GP Arab Saudi

Akibatnya, posisi Alonso digeser oleh pembalap Mercedes George Russell yang menyebut penalti untuk Alonso itu terlalu kejam.

Namun, Aston Martin kemudian mengajukan banding atas penalti itu dan diterima oleh FIA.

"Setelah meninjau bukti baru, FIA menyimpulkan bahwa tidak ada pelanggara, seperti yang dinyatakan stewards, yang bisa disimpulkan bahwa saat dongkrak menyentuk mobil, mekanik berarti memperbaiki mobil," ungkap FIA. 

Baca juga: McLaren Pertimbangkan Gunakan Powertrain Red Bull di Musim 2026

"Karenanya, kami memandang keputusan awal kami untuk memberikan penalti ke mobil 14 (mobil Alonso, harus dibatalkan," lanjut FIA. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat