visitaaponce.com

Presiden Joko Widodo Kaget Tingkat Stres Guru Tinggi

Presiden Joko Widodo Kaget Tingkat Stres Guru Tinggi
Presiden mengaku terkejut membaca survei Rand Corporation yang menunjukan tingkat stres guru tinggi.(Medcom/Kautsar)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget melihat tingkat stres guru lebih tinggi dari profesi lain. Sehingga ia menilai tak mudah menjadi guru.

"Saya baca di Rand Corporation tahun 2022, saya kaget juga setelah membaca bahwa tingkat stres guru itu lebih tinggi dari pekerjaan yang lain," ujar Presiden Jokowi saat menghadiri acara peringatan ulang tahun ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu, 25 November 2023.

Presiden meyakini riset tersebut tidak dilakukan di Indonesia. Sebab, ia tak melihat tanda-tanda stres di wajah anggota PGRI. "Saya lihat ceria semuanya," terangnya.

Baca juga: Presiden Ingatkan Mendikbudristek Perubahan Kurikulum Bikin Stres Guru

Presiden membeberkan beberap hal yang membuat tingkat stres guru dalam survei tersebut tinggi. Antara lain, karena perilaku siswa, perubahan kurikulum, dan perkembangan teknologi.

"Karena apapun semua guru harus mengikuti perubahan teknologi yang ada," tuturnya.

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem Ajak Para Guru Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Presiden menambahkan tantangan semakin berat dialami guru yang berada di wilayah tertinggal, terluar, dan terdalam (3T). Ia melihat terdapat ketimpangan fasilitas yang sangat jauh antara sekolah di daerah tersebut dan di perkotaan.

"Oleh karena itu, atas nama pribadi atas nama pemerintah saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap bapak ibu guru pahlawan kita semuanya," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat