visitaaponce.com

Polisi Tiongkok Tangkap Tersangka Penusukan Empat Guru Perguruan Tinggi AS

Polisi Tiongkok Tangkap Tersangka Penusukan Empat Guru Perguruan Tinggi AS
Polisi di Tiongkok menangkap seorang tersangka terkait penusukan empat guru perguruan tinggi Amerika di provinsi Jilin. (Medcom)

SEORANG tersangka telah ditangkap terkait penusukan empat guru perguruan tinggi Amerika di bagian timur laut Tiongkok, kata polisi, Selasa (11/6). Beijing menggambarkan serangan tersebut sebagai "kejadian terisolasi".

Keempat guru itu tengah mengikuti program pertukaran akademik dan bekerja sebagai instruktur di Cornell College di Iowa, dalam "kejadian serius".

Serangan itu terjadi pada Senin di sebuah taman umum di provinsi Jilin, di mana polisi memastikan mereka telah menangkap seorang pria berusia 55 tahun.

Baca juga : Empat Instruktur Perguruan Tinggi Iowa Terluka dalam Insiden Penusukan di Tiongkok

"Tersangka, bernama Tuan Cui, ditangkap pada hari yang sama (dengan serangan)," kata polisi setempat.

Beijing mengonfirmasi sebelumnya pada Selasa bahwa "empat guru asing" telah diserang.

"Semua yang terluka dibawa ke rumah sakit ... dan menerima perawatan yang tepat. Tidak satupun dari mereka berada dalam bahaya kehilangan nyawa," juru bicara Lin Jian mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers rutin sore hari di kementerian luar negeri.

Baca juga : Tiongkok: Situasi HAM di Amerika Serikat Semakin Memburuk

"Polisi awalnya menilai bahwa kasus ini terisolasi. Penyelidikan lebih lanjut sedang berlangsung."

"Tiongkok secara umum diakui sebagai salah satu negara paling aman di dunia," tambah Lin.

"Tiongkok... akan terus mengambil langkah-langkah yang relevan untuk melindungi secara efektif keselamatan semua warga asing di Tiongkok," katanya.

Baca juga : Kebun Binatang Washington DC akan Kembali Dapat Dua Panda dari Tiongkok

"Kasus terisolir ini tidak akan mempengaruhi perkembangan normal pertukaran orang-orang antara Tiongkok dan AS."

Amerika Serikat "sangat prihatin" atas insiden tersebut, kata Gedung Putih, mencatat bahwa diplomat AS telah berbicara dengan korban serangan.

"Kami sangat prihatin atas penusukan warga AS di Kota Jilin, Tiongkok. Tim kami telah berhubungan dengan para Amerika ini dan rekan-rekan kami di PRC untuk memastikan kebutuhan korban terpenuhi, dan langkah-langkah penegakan hukum yang tepat diambil," kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, di platform media sosial X.

Baca juga : AS Nilai Perlu Lebih Banyak Sanksi untuk Rusia

Anggota kongres Iowa, Ashley Hinson, mengatakan di platform media sosial X bahwa dia "terkejut" melihat anggota fakultas Cornell College telah "ditusuk dengan kejam".

Gubernur Kim Reynolds mengatakan dia "berhubungan dengan perwakilan federal Iowa dan departemen luar negeri sebagai respons terhadap serangan mengerikan ini".

"Tolong doakan kesembuhan mereka yang penuh, kembalinya dengan aman, dan keluarga mereka di rumah," tambahnya.

Anggota dewan negara bagian Iowa, Adam Zabner, memberi tahu penyiar CNN bahwa saudaranya David Zabner adalah salah satu korban, telah "dijahit dan sepertinya pulih". (Channel News Asia/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat