visitaaponce.com

Bogor Cinta Batik Ajang Lestarikan Budaya Nusantara

'Bogor Cinta Batik' Ajang Lestarikan Budaya Nusantara
Kegiatan 'Bogor Cinta Batik' di Kota Bogor, Jawa Barat.(DOK Penrem 061/Sk)

DALAM rangka memperingati hari Batik Nasional, para istri pejabat Forkopimda Kota Bogor, Jawa Barat berkolaborasi menggelar kegiatan pagelaran budaya batik bertajuk 'Bogor Cinta Batik', Minggu (26/11). Kegiatan yang diinisiasi Korem 061/Sk melalui Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 061 PD III/Siliwangi merupakan wujud kecintaan terhadap budaya Tanah Air serta mempromosikan batik sebagai salah satu identitas bangsa.

"Kegiatan ini menjadi momentum untuk mempromosikan batik yang merupakan salah satu budaya bangsa yang harus dilestarikan. Apalagi batik telah ditetapkan Unesco sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) milik Indonesia," ungkap Ketua Persit KCK Koorcab Rem 061, Retno Anan Nurakhman, istri Danrem 061/Sk, Brigjen Anan Nurakhman.
 
Kegiatan ini beragendakan kirab batik dari organisasi wanita dan organisasi kemasyarakatan Bogor, bazaar UMKM, demo batik oleh pengrajin Kampung Batik, deklarasi batik, peluncuran motif batik Bogor, fashion show Forkopimda Cinta Batik, serta Pemberian Donasi kepada Yayasan Kanker dan Thalasemia

Dalam kesempatan ini, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 061 juga memberikan persembahan tiga karya desain batik motif khas Bogor dengan tema 'Melukis Bogor' dalam Batik Nusantara yaitu motif batik Parang Kujang Rafflesia, batik motif Teratai dan Batik Rusa dalam Buketan bunga Teratai. Karya ini diharapkan dapat menambah warna kekayaan batik bogor dan motivasi semangat para perajin batik Kota Bogor

"Perhelatan Bogor cinta batik ini sengaja dibuat dalam bentuk kirab budaya. H ini dimaksudkan agar masyarakat Kota Bogor dan juga wisatawan yang tengah berlibur di kota Bogor bisa ikut menikmati kegiatan kirab ragam budaya batik tersebut," jelasnya.
 
Lebih jauh dikatakan, melalui kegiatan 'Bogor Cinta Batik', diharapkan batik semakin dicintai masyarakat, khususnya generasi milenial dan Gen Z. "Generasi muda memiliki tugas dan kewajiban untuk terus melestarikan budaya bangsa sehingga batik tidak akan punah di tengah modernisasi zaman. Dan sekaligus mampu meningkatkan rasa cinta akan budaya bangsa sendiri," ungkap Retno. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat