visitaaponce.com

Peringati Hari Batik. Presiden Gelar Istana Berbatik

Peringati Hari Batik. Presiden Gelar Istana Berbatik
Istana Berbatik di Istana Merdeka(Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

PRESIDEN Joko Widodo dan Iriana Jokowi menghadiri acara Istana Berbatik memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (1/10) malam. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan Wury Ma'ruf ikut hadir. 

Pantaun Medcom.id, Presiden Jokowi tiba di lokasi acara pada pukul 18.47 WIB, ia mengenakan batik berwarna coklat dan Iriana mengenakan busana serupa, dengan dipadukan slempang batik berwarna coklat. 

Sedangkan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf mengenakan batik berwarna coklat tua. Batik yang digunakan Wury juga senada seperti digunakan Iriana. 

Baca juga : Jelang Hari Batik Nasional, Roadshow Bertema Kecantikan dan Budaya Digelar

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan Istana Batik digelar untuk memperingati hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2023. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan budaya Indonesia. 

"Serta aktif melesatarikan (budaya) dan mengembangkannya. Dan dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim, Istana Berbatik saya nyatakan secara resmi dibuka," kata Presiden. 

Baca juga : Mengenang Kembali Perjalanan Batik Tiga Negeri yang Melegenda

Selanjutnya, penonton dihibur dengan model yang berlengak lengok di atas panggung menggunakan busana batik dari setiap kerjaan nusantara. Seperti Karatonan Ngayogkarta Hadiningrat dan Karotanan Surakarta Hadiningrat.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara tersebut. Mereka diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menkumham Yasonna Laoly, Menseskab Pramono Anung, Menkopolhukam Mahfud MD, dan lainnya. (MGN/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat