visitaaponce.com

Global Leadership Summit Harus Jadi Momentum Peduli Isu Kemanusiaan

Global Leadership Summit Harus Jadi Momentum Peduli Isu Kemanusiaan
Delegasi Indonesia Lt Gen Rantastia Nur Alangan (kiri) saat menghadiri Global Leadership Summit 2023 di Bangkok, Thailand.(Ist)

AJANG Global Leadership Summit 2023 di Bangkok, Thailand, harus jadi momentum untuk memberikan dampak sosial pada isu-isu persoalan kemanusiaan global yang terjadi belakangan ini.

Di antaranya adalah pelanggaran hak asasi manusi (HAM) yang terjadi di perang Palestina dan Israel serta perang Ukraina dan Rusia.

"Juga isu-isu lainnya yang berdampak pada stabilitas perekonomian dan keamanan dunia," papar salah satu delegasi Indonesia Lt Gen Rantastia Nur Alangan, melalui keterangan tertulisnya, hari ini.

Baca juga: Prioritaskan Isu Kemanusiaan, Iconz 2023 Hasilkan Delapan Resolusi

Rantastia dikenal sebagai Penasehat Global United Peace Keepers Federal Council (UNPKFC) dan kini menjabat juga sebagai Representatif PBB (UN Ecosoc) dan SPIA Indonesia.

Rantastia menyampaikan pada pertemuan itu sejumlah delegasi dari berbagai negara turut menggalang persatuan di dunia untuk menjalankan misi 17 SDGs (Sustainable Development Goals) atau disebut dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

"17 SDGs merupakan tujuan mulia yang harus diperjuangkan setiap negara anggota PBB. Sebab, ini komitmen bersama untuk mencapai kesejahteraan masyarakat sekaligus tetap melestarikan lingkungan," tutup Rantastia.

Global Leadership Summit merupakan acara di penghujung tahunan dalam rangka memberikan kesempatan kepada para pemimpin dunia untuk meraih penghargaan prestasi dalam bidang masing masing.

Baca juga: Pertamina Eco RunFest 2023 Serahkan Aksi Kemanusiaan untuk Palestina

Acara yang diselenggarakan UNPKFC pimpinan Dr Aphinita Chaicahana ini juga mengundang sejumlah perwira tinggi TNI antara lain Dr (HC) Laksda TNI Jalasena Satriyawirya, Dr (HC) Kol (TNI) Tri Ambar Nugroho ST MSi (Han), Dr (HC) Let Kol (Marinir) Arief Rahman Hakim M Tr (Opsla) M (Han), dan Dr (HC) Let Kol (TNI) Ario Sasongko SE MPM MM.

Acara itu dihadiri berbagai negara di dunia seperti India, Singapura, Malaysia, Filipina, Kamboja, AS, UEA, Pakistan, Uzbekistan, Thailand, dan Inggris.

Hadir pula, artis hollywood Richard Nilsson dan artis bollywood Gagan Malik yang juga dikenal sebagai pemain film Sinetron Mahabarata dan Ramayana, dan artis Komika kondang Mongol Stress dari Indonesia.

Thailand sebagai tuan rumah dihadiri perwakilan dari Kerajaan Thailand yakni Presiden National Assembly of Thailand Wan Muhamad Noor Matha dan Direktur Internal Security Operations Command of Thailand Jenderal Thayasit Kittidecharasmi. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat