visitaaponce.com

Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura Bisa jadi Ancaman bagi Indonesia

Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura Bisa jadi Ancaman bagi Indonesia
Petugas medis menyuntikkan vaksin covid-19 ke masyarakat.(Antara)

Lonjakan kasus covid-19 di Singapura perlu diwaspadai karena subvarian yang mendominasi adalah EG.5 dan HK.3. Keduanya merupakan subvarian dari omikron yang mudah menyebar.

"Kenaikan kasus di Singapura dan Malaysia minggu ini di dominasi oleh subvarian EG.5 dan HK.3 dan ini juga merupakan ancaman di Indonesia. Kemungkinan beberapa minggu ke depan kasus kita juga akan naik," kata Epidemiolog Masdalina Pane saat dihubungi, Senin (4/12).

Meski demikian, masyarakat diminta tidak perlu khawatir karena virulensinya rendah, kecuali pada kelompok risiko tinggi seperti lansia dan penderita komorbid.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Singapura Naik, Menkes Imbau Masyarakat Segera Vaksinasi Booster

Adapun, pemerintah diminta waspada apalagi dalam beberapa pekan ke depan akan ada momen libur Natal dan tahun baru yang bakal diikuti mobilisasi tinggi di masyarakat Tanah Air.

"Dalam menghadapi keramaian saat Natal dan tahun baru, masyarakat bisa menggunakan masker dan menjaga jarak. Itu harus menjadi kepedulian kita. Jika mengalami gejala ringan segera ke layanan kesehatan untuk mendapat perawatan. Menjaga daya tahan tubuh juga harus tetap dilakukan. Pembatasan tentu bukan lagi menjadi pilihan terbaik saat ini," jelasnya.

Baca juga: Masyarakat Jangan Lengkah meski Pandemi Covid-19 Reda

Sementara itu, menurutnya vaksinasi untuk saat ini tidak terlalu lagi membantu karena tingkat vaksinasi premier dan booster di Indonesia sudah cukup tinggi. Apalagi banyak masyarakat juga sudah terkena virus SARS CoV 2 itu sehingga memiliki antibodi alami.

"Vaksin booster tidak begitu membantu jika imunitas populasi sudah tinggi seperti hasil-hasil sero survey pemerintah," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat