visitaaponce.com

Kasus Covid-19 di Singapura Naik, Menkes Imbau Masyarakat Segera Vaksinasi Booster

Kasus Covid-19 di Singapura Naik, Menkes Imbau Masyarakat Segera Vaksinasi Booster
Vaksin covid-19.(MI/RAMDANI)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi booster sebagai upaya antisipasi setelah adanya laporan peningkatan kasus covid-19 di Singapura dalam sepekan.

"Kita juga melihat ada kenaikan, cuma kan memang bagusnya kita masih ada vaksinasi, kalau itu divaksinasi, kita seharusnya bisa bagus," kata Budi, Senin (4/12).

Sebelumnya dilaporkan kasus covid-19 di Singapura naik 2 kali lipat yakni sekitar 22.094 kasus per periode 19-25 November 2023. Oleh karena itu ia mengimbau sebagai upaya antisipasi ia meminta masyarakat untuk segera divaksinasi.

"Saya imbau masyarakat yang belum divaksinasi, atau sudah lama vaksinasinya, mumpung sampai Desember ini kan masih gratis, ya itu dimanfaatkan saja dan perilakunya tetap saja cuci tangan, pakai masker, tapi untuk yang masuk rumah sakit kita nggak melihat (peningkatan) memang ada peningkatan dari yang kena, tapi karena imunitasnya sudah bagus dengan vaksinasi jadi bagus," ujar dia.

Baca juga:

GSK Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran tentang Vaksinasi

Boris Johnson Pusing Hadapi Data Covid-19

Adapun subvarian utama yang di kasus tersebut yakni EG.5 dan garis keturunan dari HK.3 yang ditemukan pada 70 persen kasus. Namun dari subvarian tersebut dinilai tidak menunjukkan keparahan dan terpantau stabil.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI bahwa saat ini masyarakat yang telah sudah mendapat vaksin booster 1 sekitar 38,17 persen atau sekitar 69,3 juta orang, vaksin booster 2 baru 3,6 juta atau 1,99 persen.

Sementara vaksin dosis pertama sebanyak 203,8 juta atau 86,88 persen dan vaksin dosis kedua yakni 174 juta atau 74,56 persen. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat