visitaaponce.com

6 Rekomendasi Aplikasi Alquran Online dan Offline, Lengkap dengan Terjemahan dan Murattal

6 Rekomendasi Aplikasi Alquran Online dan Offline, Lengkap dengan Terjemahan dan Murattal!
Ilustrasi aplikasi Alquran(Muslim Pro)

Kehadiran aplikasi Alquran telah menjadi sebuah terobosan dalam menyampaikan ajaran Islam secara modern dalam era digital.

Alquran atau Kitab Qur'an merupakan kitab suci agama Islam, yang dipercayai sebagai petunjuk dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Alquran dianggap sebagai petunjuk hidup utama bagi umat Islam dan merupakan fondasi hukum dan etika Islam. Tak sedikit pula yang menganggapnya sebagai sumber inspirasi seni, ilmu pengetahuan, dan hukum dalam tradisi Islam.

Kitab dalam bahasa Arab ini terdiri dari 114 surah, dan setiap suratnya terdiri dari ayat-ayat, yang dianggap sebagai karya sastra dan keajaiban linguistik.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, Kitab Qur'an kini bisa diakses secara mudah melalui aplikasi Alquran digital yang menyajikan teks lengkap bersama terjemahan dan tafsir dalam berbagai bahasa.

Beberapa aplikasi bahkan menambahkan fitur penunjuk arah kiblat, pengingat waktu salat, kalender Islam, dan cara membaca Alquran dengan benar.

Qur’an digital memudahkan umat Islam untuk membaca, memahami, dan merenungkan ajaran-ajaran Islam di mana pun mereka berada berkat fiturnya yang dapat diakses secara online maupun offline.

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi sesuai Sunah, Pembuka Pintu Rezeki

Berikut ini deretan aplikasi Alquran gratis yang dapat diunduh di smartphone.

Rekomendasi Aplikasi Alquran

1. Al Quran Indonesia

Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis, baik di perangkat Android maupun iOS.

Dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia, kamu dapat lebih mudah untuk memahami arti dari setiap ayatnya.

Fitur "Tajwid Warna" juga akan membantu kamu untuk membaca Alquran dengan baik dan benar. Ada juga pengaturan untuk menyesuaikan ukuran huruf, baik Latin ataupun huruf Arab.

Jika tak ada sinyal atau kuota pun tak masalah. Aplikasi ini dapat diakses secara offline tanpa terhubung dengan jaringan internet.

Untuk kamu yang gemar bepergian, aplikasi ini sangat cocok untuk menjadi panduan dalam melihat jadwal salat dan menemukan arah kiblat.

Kamu juga bisa mendengarkan bacaan Alquran dari Qari (pembaca Alquran) populer, di antaranya Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, Syaikh Fares Abbad, Syaikh Mahmud Khalil Al Hussary, Syaikh Maher Al Muaiqly, Syaikh Saad Al Ghamdi, Syaikh Muhammad Jebril, dan Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais.

2. Qur'an Kemenag

Aplikasi Alquran Kemenag merupakan Alquran digital yang dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an.

Tulisan tiap ayatnya menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani.

Selain bacaan Alquran 30 juz, kamu juga akan menemukan tafsir dalam dua varian, yaitu tafsir ringkas dan tafsir tahlili yang lebih terurai yang jelas. Dilengkapi pula dengan Asbabun Nuzul atau pemahaman terkait latar belakang diturunkannya ayat-ayat tertentu.

Kamu juga bisa melakukan pencarian ayat dengan memasukkan kata kunci Indonesia ataupun Arab gundul.

Kalender Hijriyah dan jadwal salat pun tersedia dalam aplikasi ini.

Baca juga: Tafsir Al-Baqarah Ayat 256: Tidak Ada Paksaan dalam Agama

3. QuranBest : Al Quran & Adzan

Rekomendasi selanjutnya adalah QuranBest, yang sepenuhnya dibuat oleh Muslim Indonesia.

Dengan berbagai format mushaf dan fitur di dalamnya, aplikasi Alquran digital ini dapat memudahkan kamu dalam beribadah, bahkan hingga melakukan infaq harian.

Kamu bisa melihat jadwal salat sekaligus mengaktifkan pengingat waktu salat. Penunjuk arah kiblat pun tersedia di aplikasi ini.

Butuh alat bantu untuk berdzikir? QuranBest juga menyediakan panduannya disertai dengan berbagai macam kumpulan doa.

Uniknya lagi, aplikasi ini memiliki fitur interaktif, yang memungkinkan kamu bersilaturahmi secara virtual dengan pengguna lainnya. Kamu bisa bergabung dalam grup mengaji, mengirim doa, dan mengaminkan doa.

Selain bacaan Alquran dan terjemahannya, pendalaman mengenai sejarah dan ajaran Islam pun dapat kamu temui di aplikasi QuranBest. Terdapat berbagai hadis, fiqih, amalan harian, kisah Nabi, inspirasi, dan banyak lagi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Menggambar Terbaik, Asah Keterampilan dengan Praktis dan Seru!

4. MyQuran - AlQuran dan Terjemahan

Aplikasi MyQuran juga merupakan karya anak bangsa, yang sempat mendapat penghargaan dari Wakil Presiden Indonesia pada tahun 2016 lalu.

Lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia, aplikasi Alquran ini dapat kamu unduh gratis melalui Google Playstore ataupun App Store.

Meski tanpa internet, kamu tetap bisa membaca Alquran di aplikasi ini secara offline.

Selain tampilan aplikasi dengan mode gelap dan terang, kamu bisa mengganti tampilan dengan berbagai macam tema warna, seperti merah, hijau, dan biru.

Kamu juga tak perlu takut ketinggalan salat, MyQuran dapat membantu mengingatkan ketika waktu salat tiba dengan alarm yang sudah terintegrasi.

Dengan adanya fitur MyDoa, kamu pun dapat membagikan doa kamu agar diaminkan jutaan orang

Baca juga: Layak Dicoba! 10 Aplikasi Pelacak Lokasi Gratis di Android untuk Pantau Orang Tersayang

5. Muslim Pro: Al Quran Kiblat

Kalau kamu mencari aplikasi untuk memudahkan menjalankan ibadah kapan saja dan di mana saja, aplikasi Muslim Pro sangat populer di kalangan umat Muslim.

Aplikasi Alquran ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di platform Google Play.

Selain membaca Alquran dan terjemahannya dalam bentuk teks, kamu juga bisa mendengarkan audio sebagai contoh bacaan, sehingga dapat meningkatkan pengucapan dan pemahaman Alquran.

Fitur jadwal salat hingga kalender hijriah dapat memastikan kamu tak melewatkan ibadah serta momen perayaan dan peristiwa penting untuk umat Islam.

Kamu pun dapat menonton berbagai konten Muslim, termasuk film, serial televisi, program anak-anak, tayangan dokumenter, dan lainnya melalui aplikasi Muslim Pro yang terintegrasi dengan Qalbox.

Selain bahasa Indonesia, aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan bahasa, seperti Bahasa Melayu, Jerman, Inggris, Spanyol, Perancis, Italia, Belanda, Portugis, Turki, Mandarin, Jepang, Rusia, dan Thailand.

Tak hanya itu, Muslim Pro bahkan memungkinkan kamu menghitung zakat dengan mudah hingga menemukan restoran halal dan masjid terdekat.

Baca juga: Gratis! 10 Rekomendasi Game Teka Teki Bahasa Indonesia Paling Menantang

6. Quran Plus - Tafsir & Tadabur

Tak jauh berbeda dengan Alquran digital lainnya, aplikasi ini juga menyediakan terjemahan bahasa Indonesia dan audio bacaan Alquran.

Aplikasi yang dikembangan oleh Media Kolaborasi Indonesia ini menawarkan berbagai fitur yang dikhususkan untuk generasi milenial yang ingin membaca dan memahami Alquran secara rutin.

Selain mempelajari Alquran dengan bantuan terjemahan dan tafsir bahasa Indonesia, kamu juga perlu konsisten. Salah satu caranya dengan menetapkan target bacaan dengan fitur "Habit Tracking".

Ada pula fitur tadabbur yang menyajikan refleksi dan panduan untuk membantu mengaplikasikan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Jika tak terbiasa dengan tulisan Arab yang terlalu kecil, sesuaikan ukuran huruf dengan tingkat kenyamananmu. Atur juga tema tampilan aplikasi dengan mode gelap ataupun terang.

Gunakan mode offline apabila kamu tak memiliki koneksi internet saat ingin membaca Alquran.

Baca juga: 6 Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis untuk Smartphone, Kenali Fitur dan Keunggulannya!

Membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran-ajaran Alquran merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam, terutama untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Dengan kepraktisan yang ditawarkan oleh aplikasi Alquran, umat Islam dapat menjalankan kewajibannya secara lebih interaktif. 

Penting untuk memilih Alquran digital dari sumber yang terpercaya dan memeriksa ulasan pengguna sebelum kamu download aplikasi Alquran.

Setiap aplikasi memiliki fitur uniknya sendiri, dan pemilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan kamu.

Alquran digital tidak hanya sebuah inovasi teknologi, melainkan juga sarana penting dalam menjembatani antara keseharian dan nilai-nilai keagamaan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat