visitaaponce.com

Kemenag Luncurkan Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab

Kemenag Luncurkan Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab
Dirjen Bimas Kristen Kemenag Jeane Marie Tulung (kedua kanan) beserta jajaran saat mengikuti Ibadah Natal 2023 di Bandung, Jawa Barat.(Ditjen Bimas Kristen Kemenag)

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab bagi kaum tunarungu. Peluncuran tersebut dilaksanakan di Arya Duta Hotel Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/12).

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Jeane Marie Tulung mengungkapkan program tersebut merupakan kado Natal sekaligus langkah awal untuk meningkatkan aksesibilitas kebutuhan rohani bagi masyarakat penyandang disabilitas tuli di Tanah Air. Sebagai langkah awal, video bahasa isyarat ayat alkitab mengambil ayat-ayat alkitab populer dengan tema Natal, Paskah, Doa Bapa Kami dan Buah-Buah Roh.

“Peluncuran video bahasa isyarat ayat alkitab ini sebagai salah satu wujud pemerintah meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi masyarakat disabilitas tuli. Ini adalah bentuk penegasan kepedulian dan penguatan solidaritas dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas, khususnya teman tuli,” ujar Jeane.

Baca juga: Ayat Alkitab tentang Tahun Baru Penuh Harapan dan Doa

Ia menekankan bahwa pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama, berkomitmen untuk terus berkontribusi meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Oleh karena itu, video bahasa isyarat ayat alkitab yang lebih lengkap akan terus dirilis pada tahun-tahun mendatang.

“Kita berharap akan ada lebih banyak lagi video bahasa isyarat ayat alkitab bagi teman tuli untuk membantu mereka menghayati Firman Tuhan dengan nyaman. Dengan demikian diharapkan iman kristianinya dapat bertumbuh dan memberi dampak positif pada dirinya dan siapapun yang ada disekitarnya, sehingga orang dapat mengenal karakter Kristus melalui pribadinya.”, ungkapnya. 

Baca juga: Renungan Rohani Kristen tentang Akhir Tahun, Rahmat Baru dan Harapan Baru

Menutup sambutannya, Jeane menyampaikan akan merancang program serupa bagi masyarakat disabilitas lainnya. “Kita akan merancang agar menyasar teman-teman tuli bahkan teman-teman disabilitas lainnya, termasuk di dalamnya internalisasi program moderasi beragama yang digaungkan oleh Kementerian Agama,” tandasnya.

Dalam pembuatan video bahasa isyarat ayat alkitab ini, Ditjen Bimas Kristen bekerjasama dengan Yayasan Suluh Insan Lestari yang salah satu fokus pelayanannya adalah menterjemahkan alkitab dalam beberapa bahasa di Indonesia yang salah satunya adalah bahasa isyarat. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat