visitaaponce.com

FKM UI dan Dinkes DKI Resmikan Sarana Air Bersih di Kepulauan Seribu

FKM UI dan Dinkes DKI Resmikan Sarana Air Bersih di Kepulauan Seribu
Peresmian sarana sumber air bersih dan cuci piring di sentra kuliner Taman Arsa dan Taman Sakura di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu(DOK IST)

TIM Pengabdian Masyarakat Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar peresmian sarana sumber air bersih dan cuci piring di sentra kuliner Taman Arsa dan Taman Sakura di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Selasa (12/12).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Indri Hapsari Susilowati mengatakan pembangunan sarana ini untuk menjawab permasalahan kesehatan kerja di sentra kuliner Pulau Untung Jawa sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit karena kurangnya air bersih seperti diare. 

Sebelumnya, pada tahun lalu, Indri dan timnyq melakukan inisiasi pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK) di Pulau Untung Jawa. Pulau ini memiliki 2 sentra kuliner yaitu Taman Arsa dan Taman Sakura. Keberadaan Pos UKK ini diharapkan mampu bergerak secara mandiri dengan berbasis masyarakat untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan kerja pada pekerja sentra kuliner. 

“Masalah ketersediaan air bersih ini merupakan hasil musyawarah dari pedagang sentra kuliner yang terhimpun dalam Pos UKK Taman Arsa dan Taman Sakura. Mereka menyadari bahwa pentingnya air bersih tidak hanya bermanfaat untuk pekerja sentra saja, namun juga bagi wisatawan yang datang,” tambah Indri. 

Baca juga: FIK UI Ajak Atasi Lansia Hipertensi melalui Social Support Family Caregiver Training

Sebagai gambaran, selama ini pedagang sentra kuliner hanya memanfaatkan air tadah hujan atau mengambil dari sumur setempat sebagai sumber air bersih, dan dalam mencuci piring belum ada tempat cuci piring dengan air mengalir. 

Hasil dari musyawarah ini langsung ditindaklanjuti oleh Pos UKK dan Puskesmas setempat dengan berkoordinasi dengan suku dinas terkait, yaitu Dinkes Propinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Suku Dinas Sumber Daya Air Pulau Untung Jawa guna mempercepat pengadaan sarana sumber air bersih dengan supervisi dari tim pengabdi Departemen K3 FKM UI. 

Peresmian sarana air bersih dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Suku Dinas Sumber Daya Air Kepulauan Seribu, Puskesmas Untung Jaya, dan Lurah Untung Jawa. 

Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan, mengucapkan banyak terima kasih untuk Universitas Indonesia, Suku Dinas Sumber Daya Air Kepulauan Seribu dan semua pihak yang terlibat karena sudah membantu pedagang sentra kuliner di Pos UKK Taman Arsa untuk membangun tempat cuci piring dan pembersihan ikan. “Sebelum adanya tempat cuci piring teman-teman pedagang membersihkan ikan dan mencuci piring sembarangan dan terlihat kumuh. Dengan adanya tempat cuci piring ini, diharapkan dapat lebih bermanfaat, bersih, indah dan tertata rapi untuk teman-teman pedagang di sentra kuliner pulau Untung Jawa,” tutur Sidartawan.

Sementara itu, Rohyama, perwakilan pedagang sentra kuliner di Taman Arsa merasa sangat bersyukur dan senang dengan adanya tempat cuci piring ini. “Saya beserta teman-teman pedangang yang lain akan memanfaatkan dan merawat tempat cuci piring dengan baik. Alhamdulillah sudah ada kolaborasi antara UI, kelurahan, SDA Dinas Kesehatan terkait sehingga kebersihan untuk wisatawan dapat lebih terjaga,” ucap Rohyama. 

Ia juga menyampaikan turis yang berkunjung ke taman Arsa juga merasa lebih nyaman dengan adanya penyediaan tempat cuci piring.

Baca juga: DPRD DKI Jakarta Kaji Pencabutan Perda Kepulauan Seribu

Selain kegiatan diatas diberikan pula Kit UMKM Pos UKK untuk sentra kuliner pedagang di Taman Arsa Pulau Untung Jawa. Kit UMKM ini didukung oleh Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta, yang berisi apron, tutup kepala, masker, sarung tangan untuk memasak, dan sepatu boot untuk pembersihan sarana cuci piring.  

Tim Pengabdi dari Departemen K3 FKM UI sendiri terdiri dari dosen, mahasiswa, dan alumni. Guru Besar K3 FKM UI, Prof. Indri Hapsari Susilowati sebagai ketua, mahasiswa S2 K3 FKM UI, Asmida Mariani dan Bonardo Prayogo Hasiholan serta alumni S1 K3 FKM UI, Nurrachmat Satria sebagai anggota tim. Pengabdian masyarakat ini didukung oleh dana Hibah Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia dan para kolaborator diantaranya pemerintah daerah dan masyarakat Pulau Untung Jawa. 

Melalui peresmian sarana air bersih ini, diharapkan Pos UKK di Pulau Untung Jawa semakin giat dan berdaya dalam menjawab tantangan masalah kesehatan, terutama kesehatan kerja lainnya di Sentra Kuliner Pulau Untung Jawa. Dengan demikian, secara tidak langsung dapat meningkatkan kunjungan pariwisata ke Pulau Untung Jawa dan kualitas hidup mereka semakin baik dari segi kesehatan, produktivitas, dan ekonomi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat