visitaaponce.com

FIK UI Ajak Atasi Lansia Hipertensi melalui Social Support Family Caregiver Training

FIK UI Ajak Atasi Lansia Hipertensi melalui Social Support Family Caregiver Training
Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI berfoto bersama dengan perwakilan dari Kelurahan Tugu, perwakilan Puskesmas Tugu, dan Kader Kesehatan Tugu.(FIK UI)

HIPERTENSI pada lanjut usia (lansia) menjadi masalah kesehatan yang mendesak dan memerlukan pendekatan holistik. Tak heran peran dari kader kesehatan sangat penting guna memperkuat hubungan antara lembaga kesehatan formal dan masyarakat setempat. 

Atas dasar itu, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) kembali melakukan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan menggelar pelatihan Kader Kesehatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam Social Support Family Caregiver Training Program dalam Upaya Perawatan dan Pencegahan Lansia Hipertensi dengan Komplikasi Berbasis Home Health Care. 

Program ini secara khusus dirancang untuk upaya perawatan dan pencegahan pada lansia dengan masalah hipertensi, diimplementasikan di kawasan Cicantayan, Sukabumi. Melalui program ini, para kader dilatih untuk memberikan dukungan sosial dan keterampilan perawatan kepada keluarga yang memiliki anggota lansia dengan masalah hipertensi.

Baca juga: Peduli Lansa, Ajinomoto Health Provider Gelar Rangkaian Elderly Program

"Kami ingin memberdayakan kader kesehatan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendukung keluarga dalam merawat lansia dengan hipertensi. Dengan mengusung pendekatan Social Support Family Caregiver, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan lansia dan mencegah komplikasi yang mungkin timbul," ujar Dr Masfuri SKp MN sebagai ketua dari program dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (01/12).

Program pelatihan melibatkan sesi pemahaman mendalam tentang hipertensi, komplikasinya, dan teknik perawatan yang praktis. Para kader juga diberikan edukasi tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung bagi lansia dan keluarganya. Buku panduan dan video edukasi turut disediakan untuk memperkaya pengalaman belajar kader kesehatan.

Baca juga: Pengendalian Faktor Risiko dapat Cegah Kejadian Stroke

Program ini mendapatkan dukungan dari Camat dan Kepala Puskesmas Cicantayan, serta 22 kader kesehatan yang antusias rangkaian program dari awal hingga akhir, dengan sesi tanya jawab yang memperkaya pemahaman.

Program ini bukan hanya mencerminkan komitmen FIK UI terhadap pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesehatan publik, tetapi juga didukung penuh oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI), Pemerintahan Sukabumi, serta DPK PPNI RSUI.

Pelatihan ini tidak hanya sekadar penyampaian informasi, melainkan juga membangun kolaborasi antar-kader kesehatan lokal untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan. Harapannya, program ini dapat menjadi model untuk inisiatif perawatan kesehatan masyarakat yang lebih luas, memastikan lansia dengan masalah hipertensi mendapatkan perawatan yang berkualitas dan terintegrasi. Keberhasilan pelaksanaan "Program Social Support Family Caregiver" di Cicantayan menjadi bukti nyata pemberdayaan kader kesehatan dapat merangsang perubahan positif dalam upaya perawatan dan pencegahan masalah kesehatan masyarakat. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat