visitaaponce.com

Suka Menahan Kencing Jadi Awal Penyakit Prostat

Suka Menahan Kencing Jadi Awal Penyakit Prostat
Dokter Spesialis Urologi Hilman Hadiansyah dalam Media Briefing yang diselenggarakan RS Pondok Indah, di Sentosa Senayan. Selasa (19/12).(MI/Lutfi Sheykal)

DOKTER Spesialis Urologi Hilman Hadiansyah mengatakan menahan buang air kecil akan membuat seorang pria terkena prostat. Urine yang sudah ditampung di kandung kemih akan memicu terjadinya kolonisasi bakteri

"Karena, kalau sering menahan buang air kecil, di situ akan terjadi kolonisasi bakteri. Urine itu sebaiknya first in first out tapi kalau stagnan di kandung kemih apalagi terjadi penekanan di daerah selangkangan, duduk lama, daya tahan tubuh lagi turun itu bisa terkena prostatitis," jelas dokter yang praktik di RS Pondok Indah - Pondok Indah itu saat media briefing di Sentosa Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/12).

Hilman menambahkan tidak ada batasan waktu maksimal seseorang menahan buang air kecil untuk mencegah peradangan prostat atau prostatitis. Hal ini disebabkan perbedaan metabolisme tubuh setiap individu yang dapat bervariasi.

Baca juga: Ini Gejala Dini Diabetes

"Untuk berapa lama berkemih itu tergantung metabolisme orang-orang. Misalnya kerjanya di luar, suhu panas, mungkin dia akan cenderung lama untuk ke kamar mandi. Tetapi kalau kerjanya di dalam ruangan, dalam ruangan AC, dingin, akan lebih sering ke kamar mandi," jelas Hilman.

Saat kandung kemih terasa penuh dan dorongan untuk buang air kecil muncul, disarankan untuk segera pergi ke kamar mandi. Menahan buang air kecil dapat meningkatkan risiko terkena prostatitis pada pria.

Menurutnya, prostatitis dapat terjadi pada setiap rentang usia, tetapi lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di bawah 50 tahun dan sekitar 8,2% pria dapat mengalami kondisi ini sepanjang hidup mereka. 

Baca juga: PAPDI Perbarui Jadwal Imunisasi untuk Orang Dewasa

Saat ini, tren prostatitis cenderung dialami pria berusia muda, khususnya yang berusia sekitar 30 atau 40 tahun, dan faktor penyebabnya dapat termasuk menahan buang air kecil dan riwayat infeksi yang telah sembuh. 

Duduk terlalu lama juga bisa menjadi sumber penyakit ini. Maka dari itu sesekali untuk bergerak dan berdiri dari jangka duduk yang lama. Mengobati prostatitis sangat sulit, serta obat yang dikonsumsi bukan hanya seminggu tapi bisa sebulan. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat