visitaaponce.com

Kencur, Rempah Ajaib Penuh Manfaat untuk Kesehatan

Kencur, Rempah Ajaib Penuh Manfaat untuk Kesehatan
Bumbu masakan satu ini termasuk tanaman herbal. Ya kencur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda.(Alodoc)

ORANG Indonesia telah lama memanfaatkan kekayaan alamnya untuk melawan berbagai penyakit, salah satunya dengan resep obat tradisional yang menggunakan tanaman herbal. Kencur merupakan tanaman herbal satu ini juga kerap digunakan sebagai bumbu dapur. Bahan ajaib ini diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tanaman kencur tumbuh subur di wilayah Asia dengan iklim tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia. Meskipun lebih dikenal sebagai bumbu masakan, kencur memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Bagian tanaman yang sering digunakan adalah umbinya, yang diyakini dapat mengobati masuk angin, mengurangi pembengkakan, melancarkan peredaran darah, dan mencegah penyakit.

Baca juga: Ketahui Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

Melalui turun-temurun masyarakat Indonesia telah mengaplikasikan kencur sebagai jamu atau bumbu masakan. Kencur, dengan keharuman dan kepedasannya, tidak hanya menyajikan cita rasa lezat dalam masakan tetapi juga membawa sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat kencur untuk kesehatan tubuh:

Baca juga: Obat Herbal Dipastikan bukan Solusi Atasi Serangan Jantung

1. Meningkatkan Energi

Kencur tanaman obat yang telah lama dikenal oleh masyarakat, terbukti bermanfaat untuk meningkatkan energi. Di Tibet dan Jepang, kencur digunakan dalam formula dupa untuk mengatasi kelelahan, meningkatkan energi, serta menciptakan suasana damai. 

Konsumsi kencur dapat dijadikan sebagai energy booster, mengubah kandungannya menjadi energi setelah dicerna dan bercampur dengan hormon tubuh. Cara sederhana untuk mengonsumsinya adalah dengan merebus 2 cm kencur dengan satu gelas air, diminum sebelum tidur untuk kebugaran di pagi hari.

2. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kencur juga terbukti dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Komposisi kencur dapat meningkatkan kinerja empedu, yang bertanggung jawab atas penyerapan nutrisi, penghilangan toksin, dan mengontrol jumlah kolesterol jahat dalam darah. Kencur menjadi salah satu bahan jamu yang efektif untuk memelihara kesehatan kardiovaskular.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Jamu beras kencur minuman tradisional asal Indonesia, ternyata dapat meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak. Kandungan properti karminatif dalam kencur diyakini dapat merangsang nafsu makan pada anak. 

4. Sebagai Obat Batuk

Kencur bukan hanya rempah dapur, tetapi juga obat batuk alami. Akar kencur yang dicuci, dikupas, dan diparut menghasilkan jus yang dapat meredakan gejala batuk. Dengan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu, kencur dapat dijadikan sirup batuk yang efektif. Minumlah tiga kali sehari untuk meredakan batuk.

5. Mengurangi Kembung

Bagi yang sering mengalami perut kembung, kencur dapat menjadi solusi alami. Cukup dengan mencuci kencur, kemudian memakannya, atau merebus akar kencur untuk diminum sebagai ramuan, perut kembung dapat diatasi dengan efektif.

6. Sebagai Antioksidan

Kencur, dengan kandungan flavonoidnya, menjadi senjata ampuh untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, kencur juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, memberikan perlindungan tambahan terhadap berbagai penyakit.

7. Mengobati Otot Bengkak atau Terkilir

Kencur memiliki peran dalam pengobatan otot yang bengkak atau terkilir. Campuran kencur dengan nasi mentah yang sudah ditumbuk dapat diaplikasikan pada area yang bengkak untuk memberikan bantuan pertama.

8. Meredakan Sakit Maag

Bagi penderita sakit maag, kencur dapat memberikan bantuan dengan menurunkan kadar asam lambung dalam perut. Konsumsi kencur secara teratur dapat membantu meredakan gejala sakit maag dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

9. Sebagai Obat Sakit Kepala

Kencur juga dapat menjadi alternatif obat herbal untuk meredakan sakit kepala atau migrain. Mengonsumsi kencur dapat menjadi pilihan yang lebih alami untuk mengurangi ketergantungan pada obat-obatan kimia.

10. Mencegah Jerawat

Kencur memiliki sifat yang dapat menghambat pertumbuhan jerawat pada tubuh dan wajah. Konsumsi kencur secara teratur dapat membantu mengontrol hormon penyebab jerawat dan mencegah munculnya noda. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat