visitaaponce.com

Mengenal Perjalanan Bumbu Masak Enak Eco yang Kini Mendunia

Mengenal Perjalanan Bumbu Masak Enak Eco yang Kini Mendunia
Produksi bumbu masak Enak Eco(Dok. Enak Eco)

KEBERADAAN bumbu masak merupakan salah satu hal penting dalam aktivitas memasak. Saat ini berbagai jenama bumbu masak telah hadir di Indonesia dengan berbagai macam varian rasanya.

Salah satunya ialah Enak Eco yang telah berdiri sejak 1980. Bumbu masak produksi PT Enak Jaya Makmur yang berada di Malang, Jawa Timur itu, punya misi untuk mengenalkan masakan khas Indonesia hingga ke level internasional.

"Enak memiliki makna sedap, rasanya lezat, sedangkan Eco itu diambil dari bahasa Jawa yang artinya enak juga. Brand ini diberi nama Enak Eco dengan harapan masakan yang disajikan bisa memiliki rasa yang enak (eco)," tulis Enak Eco mengenai arti nama jenama tersebut.

Baca juga : Undang Cooking Enthusiast, Ajinomoto Hadirkan Chef dan Kampanye Bijak Garam

Enak Eco bermula dari perusahaan kecil yang menerapkan sistem semi tradisional dalam produksinya. Namun, sejak dipimpn Feraldo Orazio Teranggono, Enak Eco mulai revolusi industri lewat investasi mesin-mesin produksi yang bertujuan untuk efisiensi pekerjaan dan menjaga kualitas produk supaya lebih konstan.

Selain itu, dibangun juga divisi riset dan pengembangan (RnD) dan promosi.

"RnD atau Research and Development sendiri pada dasarnya memang diperlukan oleh perusahaan, yakni untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah seiring berkembangnya jaman. Sementara divisi promosi diadakan dengan tujuan untuk lebih mengenalkan bumbu Enak Eco ke seluruh wilayah Indonesia," jelas Enak Eco.

Baca juga : Bidik Momen Idul Adha, Produk Bumbu Praktis dari Ekstrak Ragi Diluncurkan

Sejak saat itu, kinerja tim marketing juga makin berkembang, pengenalan produk terus menyebar sampai ke area Kalimantan, Papua, Ambon, Sulawesi. Bumbu instan Enak Eco juga telah diekspor ke beberapa negara, diantaranya Arab Saudi, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia.

Bumbu instan Enak Eco terdiri dari 3 jenis, yaitu bumbu kacang, bumbu masak, dan aneka sambal. Beberapa varian dari bumbu kacang yaitu gado-gado, Pecel, dan sate ayam.

Sedangkan bumbu masak terdiri dari 15 varian, diantaranya yaitu bumbu soto ayam, bumbu rawon, ayam bumbu rujak, bumbu rendang, bumbu nasi goreng Thuk-thuk, bumbu gulai, bumbu ayam goreng, bumbu Bali Daging / telur, bumbu ayam rica-rica, bumbu opor, bumbu kare, bumbu soto daging, bumbu nasi goreng, bumbu mie goreng, bumbu ayam bakar.

Baca juga : 4 Rekomendasi Anime Masak Seru yang Bikin Lapar, Begini Sinopsisnya

Aneka sambal, diantaranya yaitu sambal bawang, sambal Lombok ijo, sambal terasi, dan pengempuk daging

"Produk-produk Enak Eco sudah dipastikan Halal dan BPOM sehingga aman dikonsumsi. Untuk pembelian produk Enak Eco, bisa mengunjungi sejumlah e-commerce ternama seperti Tokopedia dan Shopee," pungkas Enak Eco. (Z-5)

Baca juga : Modena Hadirkan Oven Elektronik 'Built-in Oven & Air Fryer 2 in1' 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat