visitaaponce.com

Cara Penggunaan Bawang Merah Beserta 9 Manfaatnya

Cara Penggunaan Bawang Merah Beserta 9 Manfaatnya
Manfaat bawang merah dan cara penggunaannya(MI/Amir MR)

BAWANG merah merupakan salah satu bumbu masak utama dunia yang berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pengunungan disebelah utaranya, kemudian menyebar luas di berbagai penjuru dunia. Selain menjadi bumbu masakan, bawang merah juga telah dikenal lama sebagai obat tradisional yang dipercaya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan

Melansir dari halodoc, bawang merah mengandung anthocyanin, vitamin, mineral dan senyawa lainnya.  Dengan sifatnya yang anti jamur, bawang merah ini dapat melindungi beberaoa jenis kanker dan penyakit gula.

Lantas, apa saja yah Manfaat bawang merah?

Selain mengandung anthocyanin juga terdapat fitokimia yang bisa menangkal penyakit dan meningkatkan kesehatan. Berikutnya uraiannya:

Baca juga : Konsumsi GGL yang Berlebih Sebabkan Gangguan Kardiovaskuler dan Kanker

1.  Melawan Penyakit Jantung

Bawang merah mengandung senyawa kuat alil sulfida yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu, vitamin C yang terdapat di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Flavonoid quercetin yang ada dalam bawang merah juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

2. Mencegah Kanker

Alil sulfida dalam bawang merah memberikan perlindungan terhadap kanker dengan mengatur beberapa jalur yang terkait dengan perkembangan penyakit tersebut. Meskipun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya secara klinis.

3. Mengurangi Risiko Obesitas

Bawang merah kaya akan serat larut yang berperan sebagai makanan prebiotik kuat. Ini membantu membersihkan usus dan membantu menurunkan berat badan serta menghilangkan lemak perut.

Baca juga : Biaya Berobat Mahal, BPJS Diminta Perkuat Skrining Katastropik

4. Menghilangkan Alergi Musiman

Quercetin dalam bawang merah dapat membantu mengurangi gejala alergi musiman dengan menghambat produksi histamin, senyawa peradangan dalam tubuh.

5. Meningkatkan Memori

Kandungan inulin dalam bawang merah memberikan manfaat pada suasana hati dan kinerja otak.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Bawang merah mengandung senyawa belerang yang bersifat antibakteri, membantu melawan bakteri penyebab bau mulut, kerusakan gigi, karies, dan masalah pada gusi.

Baca juga : Kanker Serviks Dominasi Proporsi Kasus Kanker di Indonesia

7. Menyuburkan Rambut

Konsentrasi belerang yang tinggi pada bawang merah meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, membantu pertumbuhan folikel rambut, dan mencegah kerontokan rambut serta masalah kulit kepala seperti ketombe.

8. Bermanfaat untuk Kulit

Antioksidan dalam bawang merah melawan radikal bebas yang merusak sel kulit, membantu mengencangkan kulit, memperbaiki warna kulit, mengobati jerawat, mengurangi tanda penuaan, dan mencerahkan kulit wajah.

9. Mencegah Osteoporosis

Senyawa quercetin dalam bawang merah membantu menjaga kesehatan tulang, sementara kandungan selenium membantu mengurangi peradangan pada persendian dan jaringan.

Baca juga : Trastuzumab Masuk dalam Daftar Obat Kanker pada Fornas 2024

3 Cara Menggunakan Bawang Merah

1. Ramuan Bawang Merah untuk Atasi Kebotakan

Bahan : 

  • 4 siung bawang merah dijus minyak kelapa dihangatkan 

Cara Pengunaan:

  • pijat kepala dengan minyak hangat, lalu oleskan bawang merah 

Ramuan Bawang Merah untuk Atasi Batuk

Bahan :

  • 1 Gelas bawang merah lalu di cincang 
  • 1 gelas madu 

Cara membuat:

  • Cincang bawang rendam dalam madu lalu saring

Ramuan Bawang Merah untuk Atasi Flu

Mengutip laman Healdove, bawang merah juga bisa digunakan untuk pengobatan flu. Caranya, potong bawang merah menjadi dua, lalu gantungkan di kamar tidur.

Bau bawang akan meresap ke dalam kamar dan masuk ke tenggorokan dan hidung. Gunakan tas jaring yang biasanya untuk menaruh bawang. Hal ini akan membantu mengobati sinus.

Nah itu dia informasi terkait penggunaan bawang merah dan manfaatnya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat