visitaaponce.com

10 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat dan Besaran Gaji Rata-Rata

10 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat dan Besaran Gaji Rata-Rata
Ilustrasi.(Freepik.)

PROSPEK kerja di bidang kesehatan masyarakat ternyata menjadi kabar yang jarang terdengar oleh banyak orang. Biasanya, ketika berbicara tentang karier di dunia kesehatan, perhatian lebih sering tertuju pada profesi dokter atau perawat. Padahal, ada satu bidang di ranah medis yang menawarkan peluang karier yang tak kalah menarik, yaitu ilmu kesehatan masyarakat. 

Lulusan kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan di berbagai tempat, seperti rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat, klinik, dan laboratorium. Prospek kerja di bidang kesehatan masyarakat juga melibatkan berbagai sektor, termasuk kementerian/lembaga pemerintah, dinas kesehatan, hingga perusahaan swasta di berbagai industri.

Kesehatan masyarakat menjadi salah satu jurusan kuliah yang memiliki daya tarik besar di berbagai sektor. Bagi calon mahasiswa yang masih ragu tentang peluang karier lulusan sarjana kesehatan masyarakat, berikut ulasannya.

Baca juga: 20 Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Menurut US News, jurusan kesehatan masyarakat mencakup pembelajaran tentang pendidikan kesehatan, standar keselamatan, penanganan wabah penyakit, dan berbagai aspek lain. Jurusan kesehatan masyarakat atau kesmas memberikan peluang kerja yang luas di masa depan. Permintaan tenaga kerja di bidang ini tidak hanya terbatas di kota besar atau metropolitan, tetapi juga wilayah-wilayah lain.

Ketika membahas prospek karier kesehatan masyarakat dan gaji yang dapat diperoleh, jurusan ini menjanjikan peluang yang cerah. Kesehatan masyarakat sangat diperlukan dalam rangka memahami dan meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga: 11 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Apalagi, saat ini pemerintah fokus untuk meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan sistem kesehatan, yang tentu saja memberikan keuntungan lebih bagi lulusan kesehatan masyarakat.

Prospek kerja kesehatan masyarakat serta kisaran gaji

1. Administrator pelayanan kesehatan masyarakat.

Sebagai administrator layanan kesehatan, tugas utama melibatkan memastikan efektivitas dan kualitas pelayanan kesehatan. Mereka bekerja di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas serta terlibat dalam analisis kondisi ekonomi di sekitar fasilitas kesehatan. 

Proses perencanaan program kesehatan menjadi bagian penting dari pekerjaan ini. Gaji rata-rata seorang administrator kesehatan sekitar Rp48 juta per tahun.

2. Penyuluh kesehatan masyarakat.

Penyuluh kesehatan masyarakat bertugas menyampaikan penyuluhan kesehatan atau promosi kesehatan kepada masyarakat. Profesi ini menjanjikan jenjang karier yang panjang, mulai dari Penyuluh Kesehatan Masyarakat Pelaksana hingga Penyuluh Kesehatan Masyarakat Madya. Gaji untuk posisi ini sekitar Rp48 juta per tahun.

3. Biostatistician.

Seorang statistician memiliki keahlian dalam analisis statistik yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Bidang ini digunakan sebagai metode untuk mempelajari masalah kependudukan. Gaji seorang statistician rata-rata berada di kisaran Rp60 juta-Rp80 juta per tahun.

4. Epidemiologi.

Epidemiologi adalah profesi yang berhubungan dengan penelitian insiden, penyebaran, dan pengendalian penyakit pada populasi. Meskipun membutuhkan pendidikan lanjutan hingga tingkat S2, seorang epidemiolog dapat mendapatkan gaji lebih dari Rp120 juta per tahun.

5. Pekerja sosial.

Pekerja sosial memberikan bantuan dan pelayanan pada individu, kelompok, atau masyarakat yang membutuhkan. Proses penanganan kemiskinan, bencana, dan perlindungan anak termasuk dalam tugas seorang pekerja sosial. Gaji berkisar dari posisi officer hingga project manager.

6. Staf keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Tenaga ahli K3 bertugas mengawasi perusahaan melindungi keselamatan dan kesehatan para tenaga kerja. Profesi ini sangat dibutuhkan, terutama di bidang konstruksi atau proyek. Gaji untuk level officer sekitar Rp120 juta per tahun.

7. Ahli gizi.

Ahli gizi membantu dalam memberikan konseling gizi berkualitas untuk masyarakat. Mereka dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, perusahaan, atau lembaga lain. Gaji ahli gizi pemula berkisar antara Rp30 juta-Rp55 juta per tahun.

8. Ahli diet.

Ahli diet atau dietitian merencanakan dan memberikan informasi tentang gizi, makanan, dan pola hidup sehat. Profesi ini memerlukan penyetaraan formal gelar Registered Dietitian (RD) dan dapat memberikan gaji yang menarik.

9. Bidang manajemen kesehatan.

Lulusan kesehatan masyarakat dapat terjun ke bidang manajemen kesehatan yang melibatkan pengelolaan personalia, keuangan, dan logistik dalam ruang lingkup kesehatan. Kemampuan organisasi dan pendidikan lanjutan di bidang manajemen diperlukan. Gaji bervariasi tergantung jabatan dan perusahaan bekerja, tetapi memiliki kisaran Rp40-80 juta per tahun.

10. Data analyst.

Sebagai data analyst, lulusan ilmu kesehatan masyarakat dapat fokus pada peningkatan kualitas berbasis data di berbagai bidang kesehatan. Keterampilan analisis data yang diperoleh dari program studi ini dapat diterapkan untuk meningkatkan operasi rumah sakit, organisasi kesehatan, dan industri lainnya. Gaji pemula berkisar antara Rp80 juta per tahun, tetapi tergantung jabatan dan perusahaan bekerja.

Mata kuliah Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Untuk kalian yang berminat memasuki profesi ini patut untuk melihat mata kuliah yang diajarkan. Universitas Negeri Semarang (Unnes), salah satu universitas yang terdapat jurusan ini, menawarkan berbagai mata kuliah yang mencakup aspek-aspek penting dalam bidang kesehatan masyarakat. Berikut beberapa mata kuliah yang dipelajari pada setiap semester:

Semester 1 dan 2

Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat
Dasar Kependudukan
Sosio Antropologi Kesehatan
Anatomi
Fisiologi
Biokimia
Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Gizi Kesehatan Masyarakat

Semester 3 dan 4

Promosi Kesehatan
Ekonomi Kesehatan
Sistem Informasi Kesehatan
Epidemiologi Penyakit Menular
Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif
Penulisan Ilmiah
Komunikasi Kesehatan
Surveilans Kesehatan Masyarakat

Semester 5 dan 6 (Mata kuliah sesuai dengan bidang peminatan yang diambil)

Epidemiologi dan Biostatistik
Gizi Kesehatan Masyarakat
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Kesehatan Lingkungan
Promosi Kesehatan
Administrasi Kebijakan Kesehatan

Semester 7 dan 8

Kuliah Kerja Nyata
Praktek Kerja Lapangan
Skripsi

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat 

Jika kalian bingung universitas yang menyediakan jurusan ini, 10 universitas ini bisa menjadi pertimbangan kalian dan sudah menyandang akreditasi A untuk Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Berikut 10 universitas yang telah menyandang akreditasi A untuk Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

1. Universitas Airlangga.

2. Universitas Negeri Semarang.

3. Universitas Andalas.

4. Universitas Sumatra Utara.

5. Universitas Diponegoro.

6. Universitas Indonesia.

7. Universitas Hasanuddin.

8. Universitas Dian Nuswantoro.

9. Universitas Muhammadiyah Semarang.

10. Universitas Muhammadiyah Aceh. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat