visitaaponce.com

11 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

11 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi
Ilustrasi(Freepik)

PEMAHAMAN mendalam terhadap ilmu komunikasi menjadi semakin penting di era massifnya informasi saat ini. Berikut ini 11 prospek kerja mahasiswa jurusan ilmu komunikasi yang perlu kamu ketahui.

Ilmu komunikasi adalah sebuah disiplin ilmu yang merentang luas dalam menjelajahi intricacies atau kompleksitas komunikasi manusia. Sejatinya, ilmu komunikasi adalah kajian yang memfokuskan bagaimana cara-cara efektif menyampaikan pesan dari pihak pengirim pesan kepada pihak penerima pesan melalui berbagai medium. 

Jangkauan pembelajaran di Ilmu Komunikasi sangat luas, mencakup tingkat individu hingga dimensi masyarakat dalam penggunaan media massa, periklanan, dan bahkan hingga ke fenomena komunikasi lintas budaya serta keberadaan komunikasi di dunia maya, khususnya media sosial.

Baca juga : Jurusan Psikologi Kerja Apa? Besaran Gaji

Bagi mahasiswa yang menjalani program studi Ilmu Komunikasi, mereka tidak hanya belajar mengenai teknik-teknik penyampaian pesan yang efektif, tetapi juga mendalami strategi dalam dunia periklanan dan publisitas. 

Materi pembelajaran mencakup analisis media massa, pemahaman akan implikasi komunikasi lintas budaya, dan penerapan strategi dalam berkomunikasi di era media sosial yang terus berkembang.

Penting untuk diakui bahwa kehidupan sehari-hari kita sangat terkait erat dengan prinsip-prinsip Ilmu Komunikasi. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan dinamika sosial, pemahaman mendalam terhadap ilmu ini menjadi semakin relevan. 

Baca juga : 20 Prospek Kerja Jurusan Manajemen 

Kehidupan kita tak pernah lepas dari komunikasi. Oleh karena itu, Ilmu Komunikasi memiliki peran sentral dalam memahami hubungan mendasar antara individu dalam masyarakat yang semakin kompleks.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, Ilmu Komunikasi bukan sekadar mengajarkan keterampilan komunikasi. Lebih dari itu, bidang studi ini membuka wawasan tentang kompleksitas dan perubahan dalam berbagai konteks kehidupan, menciptakan profesional yang tidak hanya menjadi komunikator yang efektif, tetapi juga individu yang mampu mengelola komunikasi dalam lingkungan yang terus berubah.

Jurusan komunikasi menawarkan pemahaman mendalam mengenai dinamika komunikasi manusia dan peranannya dalam berbagai konteks. Setelah menyelesaikan studi, lulusan memiliki beragam peluang karier yang menarik. 

Baca juga : 10 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat dan Besaran Gaji Rata-Rata

Berikut ini adalah beberapa detail lebih lanjut mengenai prospek pekerjaan dalam jurusan komunikasi.

 

1. Penyiar/Broadcaster

Sebagai penyiar atau pekerja di dunia broadcasting, lulusan Ilmu Komunikasi dapat menjadi produser, sutradara, reporter, atau copywriter. 

Mereka terlibat dalam proses penyampaian pesan melalui media massa seperti televisi, radio, dan surat kabar. Tugas utama mencakup pengembangan strategi untuk memastikan pesan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. 

Baca juga : R17 Podcast Show Sajikan Wawasan Keamanan Siber

Peluang kerja tersedia di stasiun televisi, radio, serta kantor surat kabar, tabloid, dan majalah.

 

2. Jurnalis

Baca juga : 57 Tahun Universitas Pancasila untuk Kemajuan Bangsa

Dok. Pexels

Bagian integral dari Ilmu Komunikasi adalah jurnalistik, yang mempelajari seni mengemas berita agar dapat efektif disampaikan ke masyarakat. 

Lulusannya memiliki kemampuan menulis, kepekaan terhadap isu sosial, dan keterampilan memilih serta menyampaikan berita dengan bijak. Meskipun jurnalistik dapat dipelajari oleh siapa pun, lulusan Ilmu Komunikasi memiliki pemahaman yang lebih mendalam. 

Baca juga : Mahasiswa Harus Paham Rencana Pembangunan Masa Depan

Karier dalam jurnalistik melibatkan peran sebagai reporter, news anchor, news dubber, atau wartawan di berbagai media massa.

 

3. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat

Bertindak sebagai perwakilan perusahaan sepanjang waktu, menjaga reputasi perusahaan, dan membangun hubungan yang harmonis dengan semua klien adalah tanggung jawab utama seorang Public Relations Officer atau humas. 

Baca juga : ATVI Dorong Para Mahasiswanya Terapkan Praktik dan Kuasai Teori

Profesi Hubungan Masyarakat juga merupakan pilihan karier yang menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang praktisi Hubungan Masyarakat harus senantiasa kreatif dalam menyampaikan pesan perusahaan kepada masyarakat untuk memastikan reputasi yang baik. 

Tentunya, ini merupakan tantangan yang besar, bukan? Kamu bisa memilih studi di bidang Hubungan Masyarakat sebagai bagian dari program Mass Communication.

 

4. Announcer dan Presenter

 

Baca juga : BCA Gelar Kompetisi Marketing untuk Mahasiswa S1 di Seluruh Indonesia

Dok. MI/Susanto

Announcer atau penyiar radio, serta presenter di televisi, memerlukan kemampuan khusus dalam menyampaikan pesan secara menarik dan efektif. 

Baca juga : Memahami Karakter Konsumen Penting dalam Strategi Pemasaran

Lulusan Ilmu Komunikasi diajarkan untuk berbicara dengan efektif untuk mencapai maksud dan tujuan komunikasi. 

Peluang kerja melibatkan berbagai jenis acara, seperti berita, olahraga, dan hiburan. Presenter juga bisa bekerja di berbagai media, termasuk televisi, radio, dan platform daring.

Selain pekerjaan yang telah disebutkan di atas, lulusan Ilmu Komunikasi juga dapat mengejar karier di bidang periklanan, humas, manajemen acara, dan riset pasar. 

Baca juga : HW Group Sukses Gelar 'Walk-In Interview HW Goes to Campus Bandung'

 

5. Event Organizer

Menyelenggarakan acara besar, merancang konsep pesan yang hendak disampaikan, dan mengelola acara sedemikian rupa agar meninggalkan kesan positif dan reputasi yang baik, adalah beberapa tujuan utama bagi seorang event organizer. 

Tim event organizer diharapkan memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan atau makna tertentu melalui pelaksanaan suatu acara, sekaligus membangun citra positif bagi penyelenggara. Inilah yang menjadi tantangan sebenarnya. Profesi event organizer bukan hanya menarik, tetapi juga memberikan pengalaman seperti bermain sambil bekerja. 

Baca juga : Comminfest FISIP UAJY 2023 Suarakan Pentingnya Literasi Digital Bagi Milenial

Selain itu, potensi pendapatan dalam bidang ini juga dapat dikategorikan sebagai fantastis. Apakah Anda tertarik?

 

6. Praktisi Periklanan / Advertising

 

Baca juga : Jawab Tuntutan Era Digital, ATVI Siap Bertransformasi Jadi Institut EMTEK

Dok. Freepik

Meskipun terdengar sepele, iklan memiliki dampak besar pada kita, bukan? Sebagian besar kreativitas di balik berbagai iklan yang tersebar di berbagai media berasal dari para lulusan Ilmu Komunikasi. 

Baca juga : 'Storytelling' di Media Sosial Naikkan Branding dan Marketing

Tugas mereka melibatkan upaya memengaruhi masyarakat dengan pesan kreatif tentang produk atau jasa, menggunakan media dengan keunikan agar setiap orang yang melihatnya tertarik untuk membeli, menggunakan, atau mempercayainya. Proses penyampaian pesan yang menarik memegang peranan kunci dalam dunia periklanan. 

Peluang karier bagi lulusan Ilmu Komunikasi dalam industri periklanan mencakup peran sebagai pemimpin proyek periklanan, penulis iklan, kameramen, perencana media, dan peran lainnya.

 

Baca juga : Dunia Kerja, MBKM, IKU, dan Implikasi Kurikulum 

7. Marketing Communications

Para lulusan Ilmu Komunikasi juga dapat berperan sebagai praktisi marketing communications, fokus pada penyusunan strategi komunikasi pemasaran yang efektif bagi suatu perusahaan. 

Posisi ini tidak hanya berhubungan dengan aspek bisnis, tetapi juga menekankan pada kemampuan membuat pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik. 

Tugasnya melibatkan penyusunan strategi komunikasi melalui berbagai media atau platform yang sesuai dengan segmentasi, pesan yang ingin disampaikan, media yang digunakan, dan tujuan yang diinginkan. Dengan perkembangan pemasaran digital, tugas ini semakin menantang dan menarik bagi para lulusan Ilmu Komunikasi.

Baca juga : PPM School of Management Ajak Korporasi Jadi Agen Perubahan Sosial

 

8. Master of Ceremony (MC)

Jika pekerjaan announcer dan presenter umumnya terbatas pada dunia media massa, peran sebagai Master of Ceremony (MC) dapat diaplikasikan dalam beragam acara besar. 

Menjadi seorang MC memerlukan keterampilan berbicara yang menarik, kecerdasan dalam menyelaraskan diri, dan kemampuan untuk mengarahkan acara sesuai dengan harapan. 

Baca juga : Prasetiya Mulya Gelar Ajang 'Sales Case Competition' untuk Mahasiswanya

Semua elemen komunikasi turut terlibat dalam peran ini. Meskipun dapat dipelajari secara mandiri, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian sebagai MC yang telah diperdalam selama masa studinya.

 

9. Manajer Media Sosial (Social Media Manager)

Dengan kemajuan teknologi, lapangan pekerjaan di industri semakin berkembang, dan salah satu posisi yang muncul adalah Manajer Media Sosial. Bagi lulusan Ilmu Komunikasi, posisi ini menjadi pilihan yang sangat sesuai. 

Baca juga : Pegadaian-ISEI Gelar Kompetisi Kewirausahaan Bagi Para Mahasiswa

Diperlukan kemampuan menganalisis pola komunikasi dan kualifikasi untuk membantu organisasi memanfaatkan keberadaan mereka di media sosial. 

Seorang Manajer Media Sosial harus memiliki keterampilan menulis yang baik untuk menarik pengguna di berbagai platform seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Selain itu, pekerjaan ini memerlukan kemampuan persuasif (ajakan) dan presentasi untuk menyampaikan rencana kepada staf, kolega, dan pelanggan.

 

Baca juga : Tren Peminat Program Studi Ilmu Komunikasi Meningkat di Jabodetabek

10. Petugas Alumni dan Pengembangan Perguruan Tinggi

Petugas alumni bertanggung jawab untuk mengevaluasi kebutuhan berbagai kelompok alumni, termasuk persiapan reuni, jaringan alumni, dan acara sosial. Tugasnya adalah menjaga hubungan dengan alumni dan merencanakan prospek pekerjaan agar mereka dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan. 

Sebaliknya, peran pengembangan terkait dengan mempelajari pendonor kampus dan perencanaan promosi untuk menarik calon mahasiswa. Posisi ini umumnya ada di kantor perguruan tinggi. 

Lulusan Ilmu Komunikasi dapat bekerja untuk berinteraksi dengan alumni, orang tua, dan pendonor kampus. Keterampilan tambahan yang diperlukan mencakup public speaking (berbicara di depan umum) dan kemampuan menulis.

Baca juga : Broadcasting Award 2022 Ruang Unjuk Kreativitas Mahasiswa Universitas BSI

 

11. Perencana Media (Media Planner)

Peran penting ini dibutuhkan di berbagai platform seperti televisi, radio, situs web, dan media cetak. Seorang perencana media harus memiliki kemampuan untuk memahami dan menganalisis kecenderungan konsumen dalam mengklik, melihat, membaca, dan mendengarkan. 

Pekerjaan ini melibatkan pemilihan campuran media terbaik untuk kampanye iklan. Perencana media harus memiliki keterampilan presentasi dan menulis untuk menyampaikan rencana kepada rekan dan eksekutif periklanan. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat