visitaaponce.com

Mahasiswa Harus Paham Rencana Pembangunan Masa Depan

Mahasiswa Harus Paham Rencana Pembangunan Masa Depan
Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Universitas Yarsi Jakarta, Sabtu (28/10/2023)(MI/Siswantini Suryandari )

MAHASISWA sebagai salah satu komponen bangsa memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berkualitas.

"Untuk itu mahasiswa harus memahami rencana pembangunan untuk bangsa di masa yang akan datang. Pemahaman mengenai  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) akan membangun tanggung jawab sebagai pelaku pembangunan di masa depan," kata Plt Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Sekretaris Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Dr.Ir.Taufik Hanafi,MUP dalam orasinya pada Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Universitas Yarsi, Sabtu (28/10).

Ia menambahkan perguruan tinggi (PT) merupakan salah satu institusi penting dalam menyiapkan dan menghasilkan sumber daya manausia berkualitas untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

"Dalam pembentukan karakter mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa agar mempunyai sikap kemandirian, kreativitas serta produktivitas. PT harus menjadi salah satu pusat perubahan gerakan untuk mewujudkan perubahan sikap, perilaku, cara pikir, cara pandang, dan cara kerja sivitas akademika untuk mewujudkan Indonesia maju, mandiri, adil, dan makmur," harap Taufik.

baca juga: Kuliah Online, Menambah SKS di Luar Kampus

Mengahadapi ketidakpastian Rektor Universitas Yarsi, Prof Fasli Jalal meminta para lulusan untuk selalu berpegang pada firman Allah SWT.,

"Perkuat iman dan taqwa serta ibadah kita, serasa bersatu padu mencari jalan keluar dari masalah dihadapi bangsa.  Kemudian tingkatkan empati serta mengasah rasa kemanusiaan sehingga secara bersama-sama dan dengan bermartabat kita berhasil keluar dari berbagai masalah tersebut. “Dunia penuh tantangan tapi juga dunia  sangat menjanjikan," kata Fasli Jalal.

Wakil Rektor I Universitas Yarsi, Dr.dr.Wening Sari,M.Kes  menambahkan, Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Universitas Yarsi, Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023 berjumlah 456 terdiri 411 sarjana dan 45 pascasarjana . “Jumlah kali ini lebih banyak dari sebelumnya 439,” ujar Wening.

Wisuda tahun ini, para wisudawan dibekali tentang “Peran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 untuk mencapai Indonesia Emas. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat