visitaaponce.com

Anies Janjikan Pelayanan Kesehatan yang Merata untuk Seluruh Rakyat

Anies Janjikan Pelayanan Kesehatan yang Merata untuk Seluruh Rakyat
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(AFP)

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memastikan akan menciptakan pelayanan kesehatan yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat, bukan hanya sebagian warga Indonesia. Reformasi di sektor kesehatan harus dilakukan karena masih tingginya angka ketimpangan antara satu daerah dan daerah yang lain.

Salah satu yang disoroti Anies adalah ketersediaan tenaga medis. Ia menyebut sekitar 64% dokter dan 74% rumah sakit berada di Jawa dan Sumatra. Ia pun bakal berusaha mengubah paradigma yang sebelumnya hanya fokus pada kesehatan kuratif menjadi fokus pada kesehatan promotif, preventif, dan kuratif.

"Sebagian sudah kita lakukan di Jakarta dan akan kita teruskan. Kita lakukan pendekatan kolaboratif dan gotong-royong yang artinya mengundang perbedaan pandangan untuk dibahas. Meski melelahkan, itu lebih baik daripada sudah diputuskan tetapi terjadi perbedaan pandangan," ujar Anies di Jakarta, Selasa (16/1).

Baca juga: Videotron Disetop, Anies: Mestinya Hormati Pandangan Rakyat

Selain itu, kesejahteraan tenaga kesehatan juga menjadi perhatian mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Itu menjadi salah satu isu yang harus dikedepankan untuk menghadirkan pelayanan kesehatan yang baik.

Kemudian, Anies juga akan menerapkan pendekatan health in all policies. Artinya, kesehatan tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan, tetapi juga kementerian/lembaga terkait lainnya.

Baca juga: Panglima Laskar Santri: Memilih Anies-Muhaimin adalah Sedekah Suara

Ia mencontohkan, ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia memperhatikan kesehatan mental masyarakat. Ia pun membangun banyak ruang taman untuk bisa digunakan masyarakat beraktivitas. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat