visitaaponce.com

Anies bakal Sediakan Layanan Kesehatan Mental Gratis di Puskesmas

Anies bakal Sediakan Layanan Kesehatan Mental Gratis di Puskesmas
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(Antara)

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan akan mendorong penguatan kesehatan mental masyarakat dengan menyediakan layanan psikolog di puskesmas-puskesmas. Program tersebut bakal menjadi salah satu prioritas jika ia menang dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Kita ingin masyarakat sehat secara mental. Oleh karena itu, salah satunya adalah menghadirkan konselor psikologi di puskesmas-puskesmas. Kita berikan layanan konseling gratis yang berkolaborasi dengan lembaga-lembaga yang ada," ujar Anies dalam acara Dialog Nasional Capres-Cawapres di Hote Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (16/1).

Program tersebut, imbuhnya, sudah diterapkan saat ia menjabat Gubernur DKI Jakarta. Sebanyak 23 puskesmas di ibu kota memiliki pelayanan kesehatan mental. Selain itu, ia juga membuat aplikasi untuk skrining kesehatan mental secara daring.

Baca juga: Anies Janjikan Pelayanan Kesehatan yang Merata untuk Seluruh Rakyat

"Apabila ditemukan indikasi ada masalah pada kesehatan mental, mereka bisa langsung mendatangi puskesmas untuk mendapat pelayanan gratis. Jadi ini bukan kesehatan fisik saja melainkan juga kesehatan mental," ujarnya.

Di luar itu, terakit fasilitas kesehatan secara umum, Anies berkomitmen menyediakan rumah sakit kelas A di setiap provinsi sehingga penanganan kebutuhan tindakan yang rumit bisa dilakukan. Saat ini masih banyak provinsi belum memiliki rumah sakit kelas A seperti di Papua Barat, Papua Barat Daya, Kalimantan Utara, hingga Maluku Utara.

Baca juga: Videotron Disetop, Anies: Mestinya Hormati Pandangan Rakyat

"Kemudian penyediaan rumah singgah di dekat rumah sakit untuk keluarga dan pasien. Di Jakarta, ini justru kebanyakan dari LSM yang menyewa rumah dekat rumah sakit. Mereka menyediakan itu agar keluarga yang mengantar pasien di Jakarta ada tempat tinggal dengan durasi jangka panjang," jelasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat