visitaaponce.com

Ikatan Alumni UIN Jakarta Angkatan 97 Gelar Peduli Yatim Piatu dan Dhuafa

Ikatan Alumni UIN Jakarta Angkatan 97 Gelar Peduli Yatim Piatu dan Dhuafa
Kegiatan “Silaturahmi dan Tanda Kasih Keluarga Alumni Angkatan 97 UIN Jakarta" yang digelar di Aula Student Center UIN Syahid Jakarta.(Ist)

SILATURAHMI atau reuni alumni bisa difungsikan tidak hanya sekadar ajang untuk temu kangen atau kumpul-kumpul belaka, tapi lebih dari itu, juga bisa memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua Ikatan Alumni  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (IKALUIN Jakarta) Angkatan 97, Hena Rustiana, S.Psi.

Pernytaan Hena diungkapkan saat memberikan sambutan pada Kegiatan “Silaturahmi dan Tanda Kasih Keluarga Alumni Angkatan 97 UIN Jakarta" yang digelar di Aula Student Center UIN Syahid Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga: Bantu Penanganan Stunting, Ketua KADIN Jakarta Berikan Santunan ke Yatim Piatu

Alumni angkatan 97 yang hadir cukup beragam, ada dari unsur pemerintah, profesional, pegiat kemanusiaan, pengusaha, pegawai swasta dan lainnya.

Acara ini terselenggara atas inisiatif Alumni Angkatan 97 UIN Jakarta, didukung oleh Pengurus Pusat IKALUIN Jakarta, serta para donatur, baik perorangan dari para alumni Angkatan 97 UIN Jakarta dan lembaga seperti Baznas, Yakesma, LAZ AL Azhar, Dompet Dhu'afa, Cing Ikah Gallery dan BSI Maslahat.

Dari semua donatur itu terkumpul dana sebesar Rp 141.500.000 yang langsung disalurkan ke 168 penerima manfaat yang terdiri dari anak-anak yatim piatu dan janda-janda dhuafa dari para alumni UIN Jakarta dan juga anak anak yatim piatu binaan alumni.

Baca juga: Buka Perwakilan Palestina, Sahabat Yatim Buat Program Perlindungan Anak-Anak Palestina

Dari 168 penerima manfaat tersebut, 60 penerima manfaat hadir di lokasi acara. Sisanya, akan diberikan santunan langsung secara door to door.
Sementara dari pihak donatur yang hadir adalah Rahmatullah Siddiq dari LAZ al Azhar, Hadi dari YAKESMA (Yayasan Kesejahteraan Madani), H. Faisal Qosim, Lc. dari Baznas, dan Siti Barkah Hasanah.

Hena menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur atas sumbangsihnya ini. Ia juga menyampaikan apresiasi tak terhingga kepada panitia dan seluruh Alumni UIN Jakarta Angkatan 97 yang terlibat mensukseskan acara ini.

"Semoga Allah Swt meridhoi dan membalas semua amal kita semua," tutur Hena.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Silaturahmi dan Tanda Kasih Keluarga Alumni UIN Angkatan 97 Jakarta, Siti Nurjannah menyatakan, awalnya, santunan ini hanya untuk anak-anak yatim piatu dari alumni 97 saja.

Baca juga: Ikatan Alumni UIN Dukung Percepatan Kekebalan Komunal

Tetapi setelah berkonsultasi dengan Dewan Pembina IKALUIN 97 Dr. Muhibbuddin Alawy, manfaat perlu dirasakan dalam lingkup yang lebih luas lagi, sehingga panitia berupaya merangkul seluruh yatim piatu di lingkungan Alumni UIN Jakarta.

Muhibbudi yang juga adalah Kasubdit Edukasi, Inovasi dan Kerja Sama di Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama menyambut baik kolaborasi baik distribusi zakat dari beberapa pihak untuk anak-anak yatim dan dhuafa di lingkungan keluarga besar alumni.

Semnetara itu, Direktur penghimpunan Zakat Baznas, Faisal Qosim. Faisal mengapresiasi dan mendukung acara ini. "Memberikan perhatian ke anak-anak yatim adalah hal yang baik," kata Faisal. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat