visitaaponce.com

3 Daerah Ini Lebihi Target Sub PIn Polio 95, Mana Saja

3 Daerah Ini Lebihi Target Sub PIn Polio 95%, Mana Saja ?
Pelaksanaan sub PIN Polio di SUrabaya, Jawa Timur(Antara/Didik Suhartono)

CAKUPAN Sub Pelaksanaan Imunisasi Nasional (Sub PIN) polio di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kabupaten Sleman, Daerah Yogyakarta melebihi target 95% dengan rata-rata 100,6%.

"Berdasarkan data Pusdatin di Kabupaten Sleman masih 76,1% tetapi berdasarkan data riil capai 100%. Jadi kita punya data riil di lapangan yang sesuai dan memang ada perbedaan data Pusdatin dan riil di lapangan," kata Maxi Rein Rondonuwu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dalam konferensi pers secara daring, Kamis (25/1).

Sub PIN putaran pertama dilakukan 15-21 Januari 2024 dan putaran kedua 19-25 Februari 2024. Pelayanan Sub PIN bisa dilakukan di puskesmas, puskesmas pembantu, posyandu, satuan pendidikan, dan pos imunisasi lainnya.

Baca juga : Imunisasi Polio di Surabaya Diklaim Capai 96,88%

Diharapkan pada Sub PIN polio putaran kedua masyarakat kembali diimunisasi sehingga bisa menghilangkan kasus polio dengan 4 kali tetes di usia 1-4 bulan, 2 kali suntik usia 4-9 bulan, dan imunisasi rutin anak lainnya sesuai usia. Hal itu sesuai target dunia yakni menghapus polio di 2026.

"Kemudian buang air besar (BAB) juga harus sesuai di jamban jangan sampai sembarangan dan meningkatkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun untuk mencegah penyebaran virus polio di masyarakat," ujar dia.

Baca juga : Kemenkes: 7,4 Juta Anak sudah Ikut Sub PIN Polio

Adapun imunisasi yang diberikan yakni imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) menargetkan 8,4 juta anak berusia 0-7 tahun. Rinciannya, Provinsi Jawa Timur sebanyak 4,4 juta anak, Provinsi Jawa Tengah 3,9 anak, dan Kabupaten Sleman sebanyak 149 ribu.  (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat