visitaaponce.com

Hujan dan Gelombang Tinggi Dominasi Cuaca Hari Ini

Hujan dan Gelombang Tinggi Dominasi Cuaca Hari Ini
Sebagian besar wilayah Indonesia dapat mengalami kondisi cuaca beragam, termasuk peringatan gelombang laut tinggi di sekitar pulau Natuna(Freepik)

CUACA di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu, 27 Januari 2024, diprediksi bervariasi, dengan peringatan khusus terkait gelombang laut tinggi di sekitar pulau Natuna Utara.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terdapat sirkulasi siklonik di bagian utara Papua, yang berpotensi menghasilkan awan hujan, terutama di wilayah sekitarnya. Belokan angin dan konvergensi di sebagian besar wilayah Indonesia juga dapat memicu potensi awan hujan di beberapa daerah. Suhu udara di Indonesia diperkirakan berkisar antara 19 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembapan udara mencapai 55-100%.

Prakiraan cuaca untuk beberapa kota besar di Indonesia menunjukkan bahwa Banda Aceh, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya akan mengalami hujan sedang.

Baca juga: Awas! Banjir Rob bakal Rendam Pantura Jawa Tengah Akhir Bulan Ini

Sementara di pulau Sumatra, seperti Medan, Tanjung Pinang, Padang, Jambi, Bengkulu, dan Pangkal Pinang, diperkirakan akan mengalami hujan ringan.

Di pulau Jawa, wilayah Serang juga diprediksi mengalami hujan serupa. Hal yang sama terjadi di Denpasar, Mataram, Banjarmasin, Samarinda, dan Manado. Ambon, Ternate, Manokwari, dan Jayapura juga diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga: Intensitas Hujan Berkurang, Pelaksanaan Modifikasi Cuaca di Riau Batal

Namun, wilayah Pekanbaru, Palembang, dan Makassar perlu waspada karena potensi hujan disertai petir. Kota Bandung juga diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Kondisi cuaca yang bervariasi ini menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi bencana alam, terutama banjir akibat curah hujan tinggi. Persiapan dan antisipasi yang matang diperlukan untuk mengurangi dampak yang mungkin ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem.

Masyarakat diharapkan dapat melakukan persiapan yang diperlukan, seperti membawa payung atau jas hujan, memastikan saluran air lancar, dan menghindari perjalanan yang tidak penting pada kondisi cuaca buruk. Tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terbaru adalah langkah bijak untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga. (Z-3)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat