visitaaponce.com

Gunung Ile Lewotolok Diguyur Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai Banjir Lahar

Gunung Ile Lewotolok Diguyur Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai Banjir Lahar
Gunung Lewotolok, NTT tengah erupsi dan diguyur hujan hingga membuat masyarakat harus waspada terhadap banjir lahar(MI/Alexander Taum)

MASYARAKAT yang bermukim di kaki Gunung Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta mewaspadai banjir lahar yang bersumber dari gunung tersebut.

"Terpantau dari pos PGA terjadi hujan di puncak Gunung Ile Lewotolok, bagi masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai agar selalu waspada terhadap banjir lahar," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Ile Lewotolok, Yeremias Kristianto, Selasa (2/7) sore.

Namun, sejauh ini belum ada laporan aliran lahar yang mengalir melalui sungai yang bermuara di desa-desa di kaki gunung tersebut.

Baca juga : Petani Tewas Terseret Banjir di Sikka

Sebelumnya, aliran lava Gunung Ile Lewotolok mengalir ke sektor barat gunung sekitar 1,2 kilometer dari bibir kawah.

Kristianto mengatakan, status Gunung Ile Lewotolok telah diturunkan dari status siaga (Level III) ke waspada (Level II) sejak pekan lalu. 

"Kegempaan masih flukuatif, tetapi secara energi terjadi penurunan," ujarnya saat dihubungi Media Indonesia.

Baca juga : Gunung Lewotolok Erupsi 173 Kali Dalam Sepekan

Sebelum turun hujan di puncak gunung, teramati kabut berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 25-300 meter di atas puncak kawah.

Sedangkan gempa hembusan tercatat 290 kali dan tektonik lokal sebanyak satu kali. Terkait hal tersebut, masyarakat diminta tetap waspada, serta tidak melakukan aktivitas dalam wilayah radius dua kilometer dari pusat aktivitas gunung.

Selain itu, masyarakat dua desa yang berada paling dekat dengan puncak gunung, yakni Desa Lamatokan, dan Desa Jontona terus diingatkan mewaspadai potensi ancaman bahaya seperti potensi banjir lahar tersebut. (PO)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat